Alur Pembuatan Paspor WNI di KJRI Johor Bahru

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Himbauan Mengenai Pembuan Paspor di KJRI Johor Bahru
Himbauan Mengenai Pembuan Paspor di KJRI Johor Bahru

Sebelum akhir tahun 2014, pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru masih menggunakan sistem lokal. Proses pembuatan paspor bisa dilakukan dalam satu hari karena hanya dilakukan pengambilan foto tanpa ada proses pengambilan sidik jari dan biometrik. Data paspor juga tidak secara online dikirim ke Pusat Data Keimigrasian (PUSDAKIM). Sejak akhir tahun 2014, KJRI Johor Bahru secara resmi menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pembuatan paspor. Dalam proses pembuatan paspor dilakukan pengambilan identitas pemohon berupa sidik jari dan biometrik yang selanjutnya akan dikirim ke PUSDAKIM untuk dilakukan identifikasi. Alur proses pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru sebagai berikut ini :

Hari Pertama

1. Pengambilan nomor antrian

2. Pemeriksaan berkas pemohon, verifikasi, wawancara serta input data

3. Pengambilan foto, sidik jari dan biometrik

4. Pembayaran biaya paspor

Hari Kedua

1. Pengambilan paspor dengan catatan identitas pemohon tidak terdapat perubahan nama/tanggal lahir sehingga tidak mengakibatkan duplikasi.

Biaya tarif pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 45 tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Kemenkumham dan SK Kepala Perwakilan RI di Kuala lumpur No.086/SK-DB/07/2015 Tentang Penetapan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Pelayanan Keimigrasian Pada Perwakilan RI se wilayah Malaysia sebesar RM102 tanpa ada pungutan biaya tambahan apapun.

KJRI Johor Bahru mengimbau pada pekerja migran Indonesia untuk tidak membuat paspor atau dokumen keimigrasian lainnya melalui pihak ketiga/orang tengah/calo yang meminta bayaran melebihi ketentuan sebagaimana tersebut di atas. Apabila terdapat oknum petugas di KJRI Johor Bahru yang meminta/memungut biaya di luar ketentuan di atas dapat membuat pengaduan pada pimpinan di KJRI Johor Bahru. Informasi mengenai ini dapat ditanyakan pada petugas kounter pelayanan dan staf di KJRI Johor Bahru.

20 komentar untuk “Alur Pembuatan Paspor WNI di KJRI Johor Bahru

  1. Saya korban traffecking di batu pahat johor bahru. Sy sdh berusaha meminta bantuan ke org2 indonesia yg ada di malaysia melalui hp,krn sy tdk bs kmn2. Mau menelpon Kjri pulsa ga ada,paket internet pun hny sampai mlm ini. Sy sdh putus asa,pak. Di sini sy ga blh pakai jilbab,sholat pun cm blh 2x sehari. Mau kabur,ga ada uang. Tolong sy pak,sy mau pulang. Ini no tlp sy +601127812057. Sy hny bs komunikasi mlm aja,krn dr subuh sampai isya sy krj.

  2. Jika pasport dan ektp saya hilang… dan yg ada hanya foto copy kartu keluarga.
    Apakah bisa mengajukan splp ??

  3. Bagaimana kalau mau sambung paspor,,visa sy akan tamat pada tgl 7/5/2020 sementara paspor sy akan tamat pada tgl 29/3/2021 sekarang ini lagi pkp.

  4. Salam saya paspot hilang lagi 5 hari nak balik,saya sudah buat repot polis.tapi macam mana nak balik sekarang lagi pkp.

    1. Anda bisa membuat Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) di KBRI/KJRI terdekat untuk dapat pulang. Namun demikian, saat ini perwakilan RI di Malaysia untuk sementara waktu tidak memberikan layanan karena Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) yang diperpanjang hingga 28 April 2020. Sebagai tambahan informasi, jika visa/permit kerja Anda habis di masa covid, namun paspor masih ada, Anda masih dapat pulang, namun harus mendapatkan surat keterangan dari KBRI/KJRI.

  5. Salam saya apri bin aman..paspot saya hilang lagi 5 hari nak balik kg.tp saya sudah buat repot polis.macam mana saya nak balik kg dengan sekarang lagi pkp.

  6. Assalamualaikum saya nak tanya dlam tempoh PKP ni pejabat kedutaan Indonesia ada beroperasi atau tutup visa akan tamat tempoh dlm bulan enan jadi mahu memperbaharui paspot takut lewat nanti visa x boleh sambung

    1. Kedutaan Besar Republik Indonesia atau Konsul Jenderal Republi Indonesia (KBRI/KJRI) sampai saat ini masih belum dapat memberikan layanan hingga 12 Mei 2020 dan kedepannya melihat perkembangan masa PKP di Malaysia. Mencermati kondisi PKP, Jabatan Imigresen Malaysia mengeluarkan kebijakan bagi Warga Negara Asing yang izin tinggalnya berakhir pada masa PKP diperkenankan meninggalkan Malaysia tanpa Spesial Pass. Dengan syarat memiliki paspor yang valid dan masih berlaku.

  7. Hello saya Tanya anak saya lahir dmalaysia apakah maaih boleh buat pasport indonesia sebab surat lahir dia status warga asing sebab sekarang ni dia sudah habis spm so nak sambung sekolah kena ada pasport indonesia jadi macamana ya tolong bagi penjelasan ya?

    1. Harus melihat sijil lahir anak tersebut, selanjutnya baru dapat mengetahui status kewarganegaraannya. Hhubungi WhatsApp Rumah Pengaduan Buruh Migran di Nomor +62 813 2801 6440 untuk mengetahui selengkapnya.

  8. Assalamualaikum saya dpt no antrian online 2/7/20 permit saya mati 1/7/20 apakah saya bisa renew permit setelah paspor saya siap atau kasih infonya bagai mana solosi renew paspor supaya bisa buat lebih cepat dari pada tgl online . Terimakasih

  9. Bagaimana saya nak dapatkan nomor online untuk membuat pasport?Saya nak memperpanjang pasport saya dan saya sudah mendapatkan permanent resident d sini.Thx infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.