Guidelines

Tips Buruh Migran Mengatasi Cuaca Lembab di Hong Kong

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Ilustrasi Temperatur Cuaca
Ilustrasi Temperatur Cuaca

Hari ini Jumat (12/02/2016) dan beberapa hari ke depan suhu di Hong Kong berkisar 18-21 derajat celcius, berawan dan berkabut dengan tingkat kelembapan 99%. Kondisi lembab ini bisa dilihat dari kondisi dinding dan lantai di sekitar lorong apartemen yang basah karena jendela terbuka. Buruh migran di Hong Kong perlu mengerti apa yang harus dilakukan dalam cuaca lembab seperti ini di rumah majikan.

Buruh migran perlu paham jika majikan menyebut dengan istilah “Tai Mo/Sap Sap te” yang artinya adalah lembab basah dalam bahasa Indonesia. Kondisi lembab adalah kondisi di mana di luar rumah gelap berkabut, namun awan atau udara itu mengandung air. Ada beberapa hal yang harus dilakukan buruh migran jika mendapati kondisi seperti ini :

1. Tutup semua jendela rumah atau flat. Jika dibuka, dinding dan langit-langit rumah akan basah dan menyebabkan jamur yang tak sedap dipandang
2. Jangan menjemur pakaian di luar rumah. Alih alih kering, justru akan menjadi kotor dan basah, karena udara di luar mengandung air dan debu.
3. Nyalakan mesin penghisap udara atau Jau sap ke, untuk mengeringkan kondisi ruangan yang basah dan secara kasat mata dapat dilihat
4. Kontrol mesin Jau sap ke, jangan sampai terlalu panas karena bisa kebakaran. Nyalakan dua jam dan matikan dua jam. Jangan lupa untuk membuang air di tangki penampungan mesin tersebut sebelum dinyalakan kembali.
5. Periksa kabel-kabel yang mengalami kondisi basah, agar tidak menyebabkan konsleting listrik. Segera lap dan keringkan kabel-kabel tersebut.
6. Jika di rumah majikan tidak ada mesin Jau sap ke. Selain tutup semua jendela, kita musti rajin mengecek dan mengelap kering benda-benda yang tiba-tiba berembun basah, seperti kabel dan alat elektronik.
7: Jika keluar rumah kenakan masker, karena udara mengandung debu dan air yang kurang bagus untuk pernafasan.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.