(Bahasa Indonesia) Kumpulan Panduan Bagi TKI (Seri Hong Kong I)

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Salah satu kota di Hong Kong. Hidup di negara dengan tingkat persaingan keras, harus selalu siap sedia dengan pengetahuan luas.
Salah satu kota di Hong Kong. Hidup di negara dengan tingkat persaingan keras, harus selalu siap sedia dengan pengetahuan luas.

Kali ini tim redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM), akan menuliskan beberapa tips dan panduan yang bisa dipakai teman-teman BMI/ TKI yang mungkin baru pertama kali pergi ke suatu negara tujuan penempatan. Panduan ini akan dibuat dalam tulisan bersambung, yang akan dimuat dari hari ke hari hingga tuntas.

Negara tujuan BMI yang mencakup banyak wilayah, akan dibagi-bagi pada setiap pembahasannya. Setiap artikel hanya akan membahas satu negara tujuan kerja BMI dengan tema tertentu. Memang benar, tulisan-tulisan yang mencakup tips dan panduan ini akan memakan banyak waktu, namun demikian tujuan artikel-artikel ini adalah sebagai pemandu dengan penjelasan rinci. Maka dari itu, bagi BMI lain yang ingin ikut menyumbangkan pengetahuannya, bisa berbagi tulisan bersama kami.

Berikut ini adalah artikel perdana tentang petunjuk pelayanan bagi WNI yang akan pergi bekerja ke Hong Kong. Data yang ada di artikel ini diperoleh dari Buku Petunjuk Pelayanan di Hong Kong, yang dipersembahkan oleh Home Affairs Department Hong Kong, edisi September 2011.

Selamat datang di Hong Kong!

Berikut ini adalah beberapa fakta dasar mengenai Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR). HKSAR dibentuk pada pertengahan tahun 1997 ketika kedaulatan wilayah ini dikembalikan kepada Republik Rakyat Cina dan terdiri dari tiga wilayah utama, yaitu pulau Hong Kong, wilayah Kowloon dan wilayah New Territories yang memiliki banyak daerah baru yang modern.

Luas Wilayah 1.104 km persegi
Ciri-Ciri Domografis

  • Populasi penduduk
  • Usia rata-rata
  • Rasio jenis kelamin
6.86 juta

39

911 pria per 1.000 wanita

Suku Bangsa

  • Cina
  • Bukan Cina
6.52 juta (95.0%)

0.34 juta (5.0%)

Bahasa

  • Resmi
  • Dialek utama
  • Proporsi jumlah penduduk yang dapat berbahasa Inggris
Bahasa Cina dan Inggris

Bahasa Knton

44.7%

Pendidikan

  • Proporsi jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang berpendidikan menengah ke atas atau berpendidikan lebih tinggi
55.6%
Tenaga Kerja

  • Presentasi angkatan kerja
  • Rata-rata penghasilan bulanan
60.3%

HK$ 11,000 (Pria)

HK$ 8,500 (Wanita)

Angka-angka di atas, berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2006. Artikel lanjutan yang akan dibahas adalah soal bea cukai. Pada pembahasan bea cukai, penulis akan memaparkan barang yang dilarang dibawa, komoditi kena pajak serta pemeriksaan badan.

Bersambung..

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.