Wisata di Gunung Ledang Johor Bahru

Author

Bagi orang-orang yang tinggal di Johor Bahru, pesona Gunung Ledang tentu sudah tidak terlalu asing. Gunung dengan ketinggian 1.276m di atas permukaan laut tersebut merupakan gunung tertinggi di bagian selatan Malaysia dan gunung tertinggi ke-64 di Malaysia. Gunung Ledang Terletak di daerah Tangkak, Muar, Johor Bahru. Kawasan ini tidak hanya memberikan fasilitas pendakian gunung. Ada juga fasilitas bagi pengunjung yang tidak bisa mendaki sampai ke puncak gunung. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun Puteri yang jaraknya bisa ditempuh selama 30 menit dari pos pendaftaran. Di sana, pengunjung bisa mendirikan tenda untuk berkemah, melakukan pendakian maupun berendam di sungai.

Legenda

Dari cerita yang dipercayai oleh warga, konon pada zaman dahulu terdapat seorang puteri yang sangat cantik dan tinggal di kawasan Ledang. Kecantikannya membuat Sultan Mahmud Sah dari kesultanan Melaka terpesona dan ingin meminangnya. Dikabarkan bahwa sang puteri menolak pinangan sultan dengan cara mengajukan syarat-syarat yang mustahil. Tujuh syarat tersebut berupa: 1) satu jembatan emas dari Melaka ke Gunung Ledang, 2) satu jembatan perak dari Melaka ke Gunung Ledang, 3) tujuh dulang jantung nyamuk, 4) tujuh dulang hati kuman, 5) tujuh tempayan air mata anak dara, 6) tujuh tempayan air pinang muda, dan 7) satu mangkuk darah Sultan Ahmad, yaitu anak Sultan Mahmud Shah.

Sebagian cerita yang ada menyatakan bahwa sultan bisa mewujudkan enam syarat, sementara satu syarat lagi tidak bisa dipenuhi, yaitu menyediakan darah puteranya. Kegagalan tersebut membuat sultan tidak bisa menikahi sang puteri. Sampai saat ini, sang puteri Gunung Ledang dipercayai bersembunyi di salah sebuah Gua di Gunung Ledang.

Keunikan

Kawasan Gunung Ledang dikenal sebagai kawasan hutan yang menjadi habitat beberapa spesies tumbuhan langka. Oleh karena itu, selama wisatawan mendaki Gunung Ledang diharapkan agar bisa menjaga kelestarian alam agar tidak merusak spesies tanaman langka yang ada. Hal menarik lainnya, dari ketinggian puncak Gunung Ledang, wisatawan dapat menikmati pemandangan Selat Malaka dan garis pantai pulau Sumatra jika suasana sedang cerah. Terdapat juga air terjun Sagil yang terletak di kawasan kaki gunung yang bisa dimanfaatkan untuk mandi sungai dan aneka permainan sungai lainnya.

Transportasi

Untuk bisa sampai ke kawasan Gunung Ledang, pengunjung bisa menaiki bus dari terminal Larkin menuju Tangkak dengan biaya RM12. Perjalanan dari Larkin sampai ke Tangkak memakan waktu selama 3,5 jam. Perjalanan dilanjutkan dengan naik bus menuju Sagil dengan biaya RM2.50. Jarak dari Sagil menuju pos pendaftaran pendakian kurang lebih 1 km. Sebelum melakukan pendakian, wisatawan diharuskan untuk mendaftarkan diri kepada pihak pengelola Gunung Ledang dan membayar uang pendaftaran kurang lebih RM26 bagi pengunjung bukan warga Negara Malaysia.

Aktivitas

Mendaki Gunung Ledang tidak boleh asal-asalan, harus mengikuti prosedur yang disediakan oleh pengelola kawasan Gunung Ledang. Pendaki tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda di area puncak, melainkan harus mendirikan tenda di tempat camping yang telah disediakan. Pendaki juga tidak diperbolehkan untuk mendaki tengah malam. Jika mau mendaki sampai ke puncak harus ditemani oleh pemandu untuk menghindari kejadian buruk seperti tersesat atau kecelakaan lainnya. Kegiatan pendakian ke puncak dimulai dari pukul 06.00 dan perjalanan sampai ke puncak bisa ditempuh selama lima jam.

Tulisan ini ditandai dengan:gunung ledang johor bahru wisata johor 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *