Panduan

Panduan Jika Hak Gaji BMI Hong Kong Tak Dibayarkan

Author

Ilustrasi Gaji
Ilustrasi Gaji

1. Jangan pernah menandatangani kwitansi penerimaan gaji dan dokumen-dokumen lain apabila Anda tidak menerima uang tersebut atau tidak yakin dengan total dari uang yang seharusnya diterima.
2. Majikan membayar gaji buruh migran selambat-lambatnya tujuh hari setelah pemutusan hubungan kerja atau saat masa kontrak berakhir. Apabila dalam kurun waktu tujuh hari majikan tidak membayar, Anda berhak melakukan penuntutan melalui Departement Tenaga Kerja. Departement Tenaga Kerja Hong Kong akan menjadwalkan pertemuan konsiliasi dengan majikan anda.
3. Apabila Anda memutuskan untuk tetap menuntut majikan guna membayarkan hak-hak Anda, maka Anda bisa meneruskan tuntutan ke pengadilan Tenaga Kerja.
4. Apabila tuntutan Anda di atas HK$8000, maka Anda menuntutnya di Labour Tribunal, namun apabila tuntutan Anda dibawah HK$8000, tuntutan ditujukan kepada MECAB (Minor Employment Claims Adjucication Board).
5. Pada saat Anda memasukkan tuntutan, Anda akan diminta untuk memberikan pernyataan tertulis yang nantinya akan diserahkan kepada hakim yang menangani kasus Anda.
6. Apabila majikan dengan sengaja dan tanpa alasan yang masuk akal gagal membayar jumlah yang diputuskan/ditetapkan oleh pengadilan yang diberikan dalam kurun waktu kurang lebih 14 hari, maka majikan dapat dituntut penjara selama 3 tahun atau denda sebesar HK$350.000

Sumber : HDH Hong Kong

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.