* Berita* Info Negara TujuanHeadline

Call Center Layanan Pengaduan Pekerja Migran di Saudi

Author

Kementerian Perburuhan Arab Saudi. Sumber Foto : Arabnews.com
Kementerian Perburuhan Arab Saudi. Sumber Foto : Arabnews.com

Departemen Perburuhan Arab Saudi mulai memberikan layanan pengaduan perselisihan perburuhan lewat layanan call center. Dilansir dari portal berita Arab News 26 Januari 2014, layanan pengaduan melalui call center sudah berjalan dibeberapa kota seperti Makkah, Riyadh, Arar, Salam, Najran, dan Jazan. Menurut laporan resmi Departemen Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja di Kementerian tersebut, layanan ini akan segera diperluas ke daerah lain secara bertahap.

Layanan call center tersebut untuk memberikan kemudahan bagi pekerja untuk berkomunikasi dengan pihak berwenang jika ada masalah perburuhan, tanpa harus mengunjungi kantor Kementerian Perburuhan secara langsung. Komite Penanggulangan Sengketa nantinya akan memberikan panduan kepada para penelepon, mengatur jadwal pertemuan dengan pihak-pihak yang bersengketa dan memonitor kasus yang terjadi.

Karyawan di pusat pengaduan adalah perempuan yang dilatih untuk memberikan layanan, memberikan tanggapan dan jawaban untuk permasalahan perburuhan yang terjadi. Selain melalui call center, layanan pengaduan juga dikembangkan melalui surat. Dalam hal ini pemerintah Arab Saudi bekerja sama dnegan Aramex dan Kantor Pos Arab Saudi untuk menyampaikan pemberitahuan apapun kepada pihak yang berkepentingan. Bagi pekerja migran yang tidak bisa berbahasa arab, kantor terjemahan internal Riyadh, Jeddah dan Dammam akan membantu pekerja berkomunikasi menggunakan bahasa selain Arab, seperti bahasa Inggris, Tagalog, Urdu dan lain sebagainya melalui telepon.

One response to “Call Center Layanan Pengaduan Pekerja Migran di Saudi

  1. Bagaimana mengatasinya majikan yang tak mau memulangkan, sedangkan masa kerja sudah lewat kontrak dan sudah berhenti bekerja. apakah KBRI bisa membantu pemulangan TKI ? saya sudah seminggu lebih berhenti kerja Dan menunggu dipulangkan tapi tetap tak ada berita dari majikan. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.