Tak Hanya Bekerja, BMI Singapura Juga Kuliah

Author

Ilustrasi
Ilustrasi

Hari Minggu bagi rakyat Singapura adalah waktu bersantai dengan keluarga, teman atau sekadar menikmati hari libur sendirian. Lantas, bagaimana dengan Buruh Migran Indonesia (BMI) di Singapura?. Saat ini tercatat sekitar 90 ribu BMI bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) di Singapura. Selain itu, ada juga pekerja professional dan pelaut, namun sayang hanya segelintir yang mendapat hak libur di hari Minggu.

Singapura hingga saat ini belum memiliki kebijakan hak libur setiap hari Minggu bagi PRT. Pemberian hari libur sangat tergantung dari kesadaran majikan masing2. Dari total 180.000 PRT di Singapura, hanya sekitar 5% saja yang mendapatkan libur setiap Minggu, sementara lainnya hanya 2 minggu sekali, satu bulan sekali, bahkan tidak mendapat libur sama sekali.

Lalu, apa kegiatan bagi BMI yang mendapatkan libur setiap Minggu?. Sebagian besar rakyat Singapura berpikir BMI menghabiskan hari liburnya untuk berhura-hura atau menemui kekasih mereka. Pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Apalagi saat ini banyak bermunculan lembaga pendidikan yang khusus melayani pekerja asing bahkan BMI.

Beberapa lembaga pendidikan ada yang menawarkan program kursus selama 6 bulan, ada juga yang menawarkan program diploma. Penyelenggaranya juga beragam, mulai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kerja (P3K) yang berbasis di Sekolah Indonesia Singapura (SIS), Mujahidah Learning Centre , HOME Campus, Investment Entrepreneurship Education (IEE) dan masih banyak lagi. Jadi sebagian besar BMI Singapura yang libur tiap Minggu, akan menghabiskan waktunya untuk mengikuti kursus-kursus atau bahkan kuliah sebagai bekal saat pulang ke Indonesia. Kegiatan semacam ini juga membuat hari libur mereka tidak tersia-siakan.

“Salah satu program pendidikan diploma bagi BMI Singapura dikelola Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) yang bekerja sama dengan Kolej Islam Muhammadiyah (KIM). Mereka menawarkan jurusan Administrasi Bisnis dan Akutansi Komputer. Saya sendiri pernah satu tahun mengikuti kursus Bahasa Inggris di P3K SIS dan sejak Oktober 2011, saya juga menjadi mahasiswa di LP3I. Selain berkesempatan belajar, Saya juga menjadi relawan di pelbagai organisasi seperti IFN, HOME dan TWC2.” tutur Rista Firsta, salah satu BMI asal Madiun yang menceritakan pengalamannya.

Menurut Rista masa belajar tingkat diploma di lembaga tersebut dapat ditempuh selama 2 tahun dengan proses belajar yang dilakukan setiap hari Minggu dari pukul 10.00 hingga 17.00 waktu Singapura. Siswa LP3I memang belum sebanyak P3K atau Mujahidah Learning Centre, tapi justru hal itu yang membuat kami semakin mudah untuk bisa akrab antara satu dengan yang lain. Selain kami belajar, kami merasa di tengah keluarga, waktu makan siang pasti terlewatkan dengan penuh canda ceria. Kegiatan belajar bagi kami seakan menjadi penghilang lelah setelah seminggu bekerja.

20 komentar untuk “Tak Hanya Bekerja, BMI Singapura Juga Kuliah

  1. Pengalaman yang manarik.. Apakah TKI seperti ii banyak terdapat di Singapura, mba? Bagaimana dengan pembiayaannya?

  2. Hi, Iya sekarang lumayan banyak, seperti dari P3K sendiri sudah meluluskan lebih dari 1000 peserta. Mujahiddah Learning Centre sampai tahun kemarin meluluskan 6.000 peserta, belum lagi lembaga2 pendidikan yang lain. Dan memang kesempatan belajar ini dijadikan satu alasan oleh teman2 utk mndapatkan hari libur dari najikan mereka.

    Untuk pembiayaan, mereka membiayai sendiri ada juga sebagian yang mendapatkan dukungan dari majikan, seperti saya sendiri majikan saya membantu 50% dari biaya kuliah saya per bulan nya.
    Besarnya adalah : untuk kursus 6 bln di P3K, $50, untuk ditempat lain saya kurang tahu,tp berkisar $50-$70/6 bln. Untuk di LP3I adlah $105/bln termasuk modul dan ujian.

    1. mbak`Prihatin.,`maaf`sebelumnya,`mbak`bekerja`diSIngapura`juga`atau`mau`daftar`jadi`pelajar`aja?

      Kalo`bekerja`juga`tentunya`kalo`mau`daftar`datang`ke`tempat-tempat`kursus`tersebut.Untuk`persyaratan,biasanya`fotocopy`ijazah`terakhir(LP3I`dan`UT),lulusan`SMA.photocopy`work`permit`dan`pasport,`itu`aja`yang`pokok`mbak..

  3. terinspirasi sekali oleh tulisan diatas, sepertinya saya juga akan ikut mendaftar kursus, tlong beritahu alamat tempat kursus di singapura

  4. Halo mbak waty, Syukur dech..
    Maaf mbak waty tinggal dimana SIngapura nya dan mau kursus apa. Sekarang bnyak bnaget tempat kursus unutk teman-teman BMI.
    1. LP3I KIM, (program diploma bisnis dan akuntansi. alamat : 70-71 lorong 13 Geylang rd
    2. HOME campus kursus : English, mandarin, cosmetology, baking, computer, hairdressing, caregiver, ISS, paterson rd (belakang ION orchad)
    3. P3K SIS dari KBRI program : kejar paket B, C, UT, kursus: English, cosmetology, hairdressing, computer, Sekolah Indonesia SIngapura 20A Siglap rd.
    4. Mujahidah learning centre, Mujahidin Mosque (Buona Vista/Redhil area)

  5. Tolong beri tau saya di mans saya bisa mengikuti kursus kumputer d singapore. Trimakasi

  6. Ada nga ya mba kursus bahasa inggris atau komputer yg pertiga bulan d singapore? Karena saya cm mau ambil sertificat

  7. Hello kak kalau saya mau daftar sebagai pelajar saja tetapi tidak bekerja disingapura bagaimana ya kak?

  8. maaf apakah masih ada ya
    klau diploma itu jurusan apa saja ya
    saya berminat buat sekolah lagi

  9. Asskm mba gmna caranya untuk bsa kursus dan belajar komputer ya mba. Trs cara pendaftaran nya. Sya ingin baa bljar sambil kerja di sini. Di singapure… !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.