Berita

PTK Mahnetik Sukabumi Siap Sebarluaskan Informasi

Author

Peserta tengah berlatih menggunakan kamera video

Peserta pelatihan pengelolaan informasi Pusat Teknologi Komunitas (PTK Mahnetik) Sukabumi siap sebarluaskan informasi buruh migran ke seluruh dunia. Selama pelatihan, 5-6 Juni 2010, peserta berlatih ilmu pewartaan dari Pusat Sumber Daya Buruh Migran. Lewat kegiatan pengelolaan informasi, 15 orang pewarta dari enam kecamatan telah belajar menulis berita, rekaman audio, dan video

Pelatihan pengelolaan informasi merupakan program lanjutan PTK Mahnetik di Sukabumi. PTK Mahnetik telah dimulai sejak awal 2008 hingga kini.

“Sewaktu kecil aku ingin sekali memegang kamera video seperti reporter televisi. Sekarang keinginan itu telah aku rasakan. Selanjutnya, saya ingin menyebarluaskan informasi buruh migran di Sukabumi secara terus-menerus,” ujar Ai Ida Rosdiana (28), Pengurus Serikat Buruh Migran DPC Sukabumi.

Ada empat materi yang disampaikan dalam pelatihan, yaitu menulis berita, rekaman audio, rekaman video, dan pengelolaan informasi di portal buruhmigran. Kelebihan pelatihan ini adalah seluruh peserta dapat dapat mengikuti materi meskipun awalnya dikira rumit.

Fasilitator pelatihan Yossy Suparyo (Koordinator Pokja Pusat Sumber Daya Buruh Migran), Akhmad Fadli (PTK Mahnetik Cilacap), dan Fika Murdiana (Infest-Yogyakarta) mampu menyampaikan materi secara apik sehingga mudah dicerna peserta. Meskipun, lokasi pelatihan berpindah-pindah, dari Sekretariat Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (LENSA) Sukabumi, PTK Mahnetik Sukabumi, dan Gendung Sekolah Dasar, seluruh peserta mengikutinya dengan antusias.

“Ayo, kelola informasi untuk memperkuat posisi buruh migran,” ujar Yossy Suparyo menyemangati peserta.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.