Panduan Perpanjang Paspor Buruh Migran Taiwan

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Formulir yang Perlu Diisi Buruh Migran
Formulir yang Perlu Diisi Buruh Migran

Ketidaktahuan dalam memperpanjang paspor sering membuat buruh migran Taiwan menyerahkan urusan perpanjang paspor pada agensi atau pun calo. Sayangnya agensi dan calo kerap kali mematok harga dengan tinggi dengan memanfaatkan ketidaktahuan buruh migran.

Syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk memperpanjang paspor? Berikut yang perlu diperhatikan buruh migran di Taiwan :

1. Mengisi formulir permohonan dengan cara mendownload atau datang ke Chang Hwa Bank. Kolom pertama isi dengan nomor paspor, kolom kedua isi dengan nama sesuai paspor dan kolom ketiga isi dengan nomor ponsel aktif.
2. Paspor asli dan satu lembar fotokopi
3. ARC yang masih berlaku dan satu lembar fotokopi
4. Surat kontrak kerja bagi buruh migran (copy)
5. Biaya paspor dan biaya foto biometrik dilakukan di Chang Hwa bank dengan dua lembar slip pembayaran. Satu lembar untuk biaya paspor NT$1000 dan satu lembar untuk biaya foto biometrik NT$200
6. Surat bukti kehilangan paspor dari imigrasi setempat atau kantor polisi (bagi yang hilang paspor)
7. Iklan di koran Taiwan sebagai bukti bahwa paspor yang hilang tersebut telah diumumkan melalui surat kabar (bagi yang hilang paspor)

Sesampai di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), berikan kwitansi dari bank ke petugas pengurusan paspor. Buruh migran akan dipandu untuk mengisi formulir dan foto. Setelah selesai, buruh migran akan mendapat kwitansi tanggal pengambilan paspor.

2 komentar untuk “Panduan Perpanjang Paspor Buruh Migran Taiwan

  1. Maaf,saya mau tanya pasport saya bulan juli tanggal 25 sudah habis masa berlakunya.. dan saya ingin cuty,seandainya saya perpanjang pasport bulan ini apakah bisa cepat jadinya?
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.