Cerita Nastar Salak dari Lereng Merapi

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Nastar isi selai salak yang diproduksi oleh Purna TKI Turi
Nastar isi selai salak yang diproduksi oleh Purna TKI Turi. Sumber Foto : Ratih Pratiwi Anwar

Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta terkenal dengan perkebunan salak pondoh yang kualitas buahnya sudah tidak diragukan lagi. Setelah menjadi purna buruh migran, sebagian besar sahabat-sahabat buruh migran di Kecamatan Turi, Desa Wonokerto dan Girikerto, Sleman, Yogyakarta menekuni usaha perkebunan salak pondoh.

Buah salak yang sangat melimpah di sana, membuat purna buruh migran di kecamatan Turi melakukan inovasi produk dengan membuat nastar isi selai salak. Kita memang dapat dengan mudah menjumpai nastar isi selai nanas di pasaran, tapi jarang atau bahkan tidak pernah kita temui nastar isi selai nanas di pasaran bukan?

11903936_10153246313799495_6089772260127507871_nPembuatan nastar dengan isi selai salak ini adalah salah satu jalan bahwa potensi lokal bisa dikembangkan menjadi usaha yang menambah penghasilan buruh migran purna. Eknomi kreatif yang dikembangkan purna buruh migran tidak hanya berdampak pada dirinya sendiri, tapi juga bagi orang-orang di sekitarnya.

Mari melihat dan mengamati potensi apa yang ada di desa asal buruh migran. Selanjutnya mari menganalisis apakah potensi tersebut bisa dikembangkan dan berdampak positif pada masyarakat desa, khususnya bagi buruh migran agar tak lagi melakukan migrasi berulang.

Sumber info : Ratih Pratiwi Anwar

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *