Guidelines

(Bahasa Indonesia) Mengenal One Month Notice di Hong Kong

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Contoh Formulir One Month Notice
Contoh Formulir One Month Notice

Majikan atau pekerja boleh memutuskan kontrak kerja jika sudah tak saling cocok satu sama lain. Di Hong Kong, buruh migran yang hendak memutuskan kerja dengan majikan bisa memberikan surat pemberitahuan satu bulan sebelumnya, atau dikenal dengan istilah one month notice. Surat notice adalah surat pemberitahuan yang berfungsi agar masing-masing pihak (majikan dan pekerja) bisa mempersiapkan diri.

Majikan bisa bersiap untuk menyiapkan keuangan untuk memenuhi hak-hak pekerja rumah tangga. Majikan bisa juga bersiap untuk mencari pengganti pekerjanya. Pekerja rumah tangga bisa keluar dari rumah majikan selang satu bulan setelah surat notice tersebut dibuat dan dilayangkan kepada majikan dan Imigrasi Hong Kong. Berikut ini adalah tips dan cara membuat one month notice kepada Imigrasi Hong Kong :

1. Surat notice bisa ditulis tangan rapi di formulir atau diketik
2. Setelah diisi, surat notice di foto kopi sebanyak dua lembar. Jika tak memungkinkan untuk fotokopi, isi surat notice sama persis sebanyak tiga lembar sesuai panduan.
3. Surat notice asli diberikan pada majikan. Surat notice salinan dikirim pada Imigrasi Hong Kong dengan alamat yang sesuai dengan kertas notice di bagian kiri bawah. Sedangkan sisa salinan notice untuk dipegang oleh pekerja sendiri.
4. Setelah surat notice dikirim ke Imigrasi, dalam jangka waktu seminggu majikan akan menerima balasan pemberitahuan dari Imigrasi Hong Kong yang menyatakan pekerja sudah mengirim notice.
5. Saat mengirim notice ke Imigrasi Hong Kong sebaiknya jangan memakai perangko. Langsung saja datang ke register atau paket kilat dan minta kwitansi pengiriman. Simpan kertas kwitansi tersebut sebagai bukti kita telah mengirimkan notice ke Imigrasi.

Jika majikan tak bersedia menerima surat notice dengan cara mengembalikan, menyobek atau membuangnya, maka pekerja bisa mengirimkan surat notice asli pada majikan melalui jasa pos. Jangan lupa untuk meminta bukti pengiriman dari kantor pos. Tak semua majikan menerima surat notice begitu saja, karena ada juga majikan yang tak terima diberi surat notice.

Majikan yang tak terima dengan surat notice bisa saja mengirim surat PHK dengan keterangan jelek. Majikan juga bisa mengusir atau menuduh pekerjanya melarikan diri dari rumah majikan. Maka untuk menghindari hal tersebut, pekerja sebaiknya mengirim surat notice pada Imigrasi selang beberapa jam sebelum diberikan pada majikan. Jikalau ada tuduhan dari majikan, maka pihak Imigrasi lebih dulu telah menerima surat notice pekerja.

Jika pekerja sudah memberi notice pada majikan, pekerja tidak boleh memutuskan kontrak ditengah tengahnya. Kalau majikan mengusir sebelum notice habis, majikan wajib mengganti sisa notice dengan pembayaran uang tunai. Majikan juga memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak pekerja seperti gaji terakhir, tiket pulang, uang cuti tahunan dan sebagainya.

Sumber : Fendy Ponorogo, ATKI, Fera Nuraini.

15 komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Mengenal One Month Notice di Hong Kong

  1. Saya skarang bingung kalo agen tidak mau bantu, saya sudah memberikan notice ke imigrasi lalu ke majikan tp majikan tidak terima & mengusir saya tengah malam jam 1 stelah sya selesei pkerjaan . Sebelom saya keluar rumah majikan memaksa saya untuk menandatangani I break kontrak. Saya harus bgaimana

      1. One month notice sebetulnya tidak ada ttd majikan tidak apa. Setelah mengisi formulir one month notice foto copy 2 lembar, untuk yg foto copy untuk kita 1 dan majikan 1 lembar. Sedangkan yg asli dikirim ke imigrasi melalui pos minta yg express kalau tidak salah bayar $40 jangan lupa kwitansi disimpan sebagai bukti.

        Jika Surat notice (3 lembar, asli dan 2 foto copy) akan akan langsung diberikan ke imigrasi datang langsung ke imigrasi lantai 3 counter 57 nanti surat notice yg kita akan di stempel bahwa telah diterima.

        Alamat imigrasi untuk kirim surat notice
        3/F, Immigration Tower, 7 Gloucester Road, Wan Chai, Hong Kong

        Jadi kawan2 tidak perlu khawatir jika majikan menolak untuk ttd Surat notice, kalau Surat sdh terkirim ke imigrasi nanti pihak imigrasi akan mengirim surat ke rumah majikan dan memberitahu kapan kita harus keluar dari rumah majikan.

        1. Kalo surat notice kita di buang sm majikan gimana min selanjutnya. Sedangkan saya cm ada 1. Apakah saya bikin surat yg baru trus kasih ke majikan lagi atau gimana. Makasih byk

  2. Saya dipaksa menandatangani I break kontrak dan uang 2140$ saya yg diambil majikan. Saya sudah hamoir seminggu keluar dr rumh majikan diagen meminta saya uang potongan gaji ke 4 yg belom saya bayar dan uang tiket 2500$ .. Saya harus kmn mncari uang ?? Saya minta tolong agen katanya gk bisa bantu

  3. Saya sudah memberi mjkn notice tgl 11 agustus dan sya sudah mengirim surat ke imigrasi
    Tp mjkn mw saya pergi tgl 20 bukan 11
    Pertanyaan saya apakah bisa diundur notice saya ?dan apakah dampak dari itu krn sy sudh kirim surat ke imigrasi

  4. Saya Sudah Bekerja selama 15 bulan Tgl 18 Agustus kemarin saya memberi surat Notice dan rencana tgl 18 sudah pulang dan majikan pun sudah membelikan tiket,Yg mau sya tanyak hak apa saja Yg harus saya dapat Terima Kasih sebelum nya?

  5. siank . saya mau tnya apa saja hak” kita setelah di notis mjikan .
    saya baru 3 bln kerja d HK .
    potongan ejen sya 3 bln .apa hak yg sya dapat setelah keluar dari rmh mjikan
    terima kasih

    1. Hak pekerja migran saat diputus kontraknya oleh majikan:
      1. Gaji yang belum dibayarkan oleh majikan
      2. Pengganti cuti tahunan jika bekerja 3 bulan berturut-turut.
      3. Tiket pesawat
      4. Uang transtportasi tergantung dengan tujuannya.

  6. Kak mau tnya..saya potongan agen 4bln
    dsini udh 7bln klo mau notice gmn??
    saya mau plg indo krna orngtua saya meninggal+gak ad yg jg anak saya
    suami saya krj di malaysia…
    Dulu prnh 2thn di hngkong,finish 2016

  7. ka saya kan sudah notice majikan, surat juga Uda dikirim ke imigrasi tapi majikan tidak mengizinkan saya pulang bilang mau ngebatalin surat notice itu, apa bisa ka di batalin gitu aja tapi kan saya sudah kirim ke imigrasi, saya takut gabisa pulang, mohon jawabannya ka🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.