News

(Bahasa Indonesia) Razia Buruh Migran Overstay Tak Tepat Sasaran

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

TKI Overstay yang Tinggal di Area Mathor Qadim Maret 2014
TKI Overstay yang Tinggal di Area Mathor Qadim Maret 2014

Akhir-akhir ini banyak razia dilakukan terhadap TKI overstay di Arab Saudi. Menurut penuturan Ganjar Hidayat, Koordinator Komunitas BMI SA, malam Jum’at, malam Sabtu atau setiap hari libur ada saja razia yang dilakukan oleh polisi Arab Saudi terhadap TKI overstay.

“Razia biasanya dilakukan di penampungan-penampungan yang diduga ditempati buruh migran, seperti di apartemen yang disewa oleh buruh migran overstay,”ujar Ganjar.

Razia terhadap buruh migran overstay ini menjalar pada buruh migran yang memiliki dokumen. Meski mereka memiliki dokumen lengkap, jika berada di penampungan yang sama dengan buruh migran overstay, mereka akan tetap dibawa oleh polisi. Mereka kemudian ditampung di penjara imigrasi Sumaisyi, Arab Saudi.

Aturan di Arab Saudi juga mulai membatasi kebebasan pekerja migran di sana. Ganjar menuturkan jika beberapa waktu yang lalu ada buruh migran perempuan yang memiliki dokumen kena razia semua, mereka adalah 4 orang pekerja salon dan 2 pekerja sekolahan.
Menurut Ganjar mereka disalahkan karena mereka tinggal bersama, padahal beda-beda kafil atau majikannya. Ganjar berpendapat jika peraturan di Saudi membatasi ruang lingkup pekerja migran, karena mereka harus tetap tinggal di tempat majikan.

“Nanti bisa jadi seperti dulu lagi, kalau jalan-jalan atau berada bukan di tempat majikan akan ditanya oleh polisi. Pertanyaan seputar sedang apa, dimana majikannya, dan setelah itu disuruh pulang ke majikan. Kalau ada yang meragukan menelpon majikan,”ujar Ganjar.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.