News

(Bahasa Indonesia) SBMI Indramayu Buka Posko Pengaduan TKI

Author

Sejak tanggal 1 Oktober 2014 lalu, SBMI Indramayu membuka posko pengaduan TKI di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini dilaksanakan saat mementum pesta laut atau nadran yang berlangsung dari tanggal 1-8 Oktober 2014.

Menurut Juwarih ketua SBMI Indramayu mengatakan kegiatan ini strategis dilaksanakan karena Desa Dadap adalah salah satu desa basis pengirim TKI di kabupaten Indramayu.

“Hampir setiap keluarga ada yang menjadi TKI di luar negeri, sementara pengetahuan masyarakat terkait dengan resiko migrasi masih minim,” Jelasnya.

Ditambahkan, pembukaan posko pengaduan juga dilaksanakan dalam rangka  mensosialisakan kelembagaan SBMI Desa Dadap yang sudah terbentuk sekitar satu bulan yang lalu.

Khaerun Anas Ketua SBMI Desa Dadap menjelaskan posko pengaduan ternyata menarik perhatian masyarakat, baik dari Desa Dadap maupun pengunjung pesta laut. Dalam pelaksanaannya, SBMI Idramayu menyediakan informasi tentang migrasi aman, bahaya tindak pidana perdagangan orang (human trafficking), layanan pengaduan dan pemantauan PJTKI secara online melalui www.pantaupjtki.com.

Lebih lanjut mantan TKI Jepang ini menambahkan bahwa sejak terbentuknya SBMI Desa Dadap, ia bersama pengurus telah melakukan sosialisasi baik kepada pemerintah desa maupun kepada masyarakat Desa Dadap. Dengan pembukaan posko pengaduan, ia berharap bisa merangsang tumbuhnya komunitas keluarga TKI di desa-desa sekitar yang mampu memperjuangkan nasibnya TKI dibawah bendera Serikat Buruh Migran Indonesia(SBMI).

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.