Guidelines

(Bahasa Indonesia) Hal-hal Penting Setelah Pulang

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Bagi anda. TKI yang baru saja menyelesaikan kontrak kerja dan telah kembali ke tanah air, akhirnya anda kembali ke rumah! Namun, tak semua TKI pulang dengan kisah sukses. Untuk TKI yang terkendala masalah ketika bekerja, setelah melapor ke Gedung Pendataan Kepulangan TKI di bandara Sokarno-Hatta untuk dibuatkan Surat Rekomendasi TKI bermasalah, anda harus melanjutkan pelaporan ke pemerintah desa, Dinsosnakertrans setempat, atau LSM yang peduli TKI untuk segera dibantu menyelesaikan masalah.

Bagi yang pulang dengan senyum, langkah bijak selanjutnya adalah mengelola uang hasil keringat kerja anda di luar negeri untuk usaha yang produktif sehingga anda tak perlu bekerja ke luar negeri lagi. Uang itu bisa dikembangbiakkan lewat usaha, investasi, maupun deposito di bank—tergantung selera anda. Jika uang dipakai untuk modal usaha dan anda membutuhkan pendampingan dalam mengelolanya, anda bisa meminta pendampingan kepada pemerintah atau lembaga swasta.

Bila anda berkenan, bergabunglah dengan organisasi peduli TKI agar bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan. Pengalaman anda tentu sangat membantu bagi rekan lain yang berminat bekerja di luar negeri.

Tulisan ini ditandai dengan: hal penting setelah pulang Purnamigrasi 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.