Guidelines

(Bahasa Indonesia) Bertindak Cerdas Sebelum Tanda Tangan Kontrak

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Sebelum kontrak ditandatangani, TKI perlu mempertimbangkan betul-betul keputusannya. Malu bertanya sesat di jalan, kata pepatah, maka, jangan malu menanyakan hal-hal yang tak jelas dalam kontrak sebelum menandatanganinya. Pada kontrak tersebutlah nasib TKI selama beberapa waktu ke depan digantungkan.

Keputusan penting yang terkait dengan kontrak misalnya soal negara tujuan. Jika TKI belum memiliki gambaran negara tersebut, setidaknya mintalah gambaran pada agen. Bagaimana kondisi kerja di sana? Seperti apa budayanya? Bagaimana iklimnya? Dan lain-lain.

Poin-poin kontrak harus dibaca betul-betul satu per satu, sehingga TKI yakin tentang hak dan tugasnya. Semisal TKI bekerja di sektor rumah tangga, ia harus tahu berapa orang yang harus dilayani, apa saja tugas hariannya, dan berapa upah yang didapat. Apabila ada yang tidak disepakati, TKI berhak membicarakannya ulang dengan agen agar dicapai kesepakatan.

Satu hal yang penting, yaitu, jangan sampai bahasa yang dipakai untuk menuliskan kontrak membuat TKI tak mengerti isi kontrak kerjanya sendiri. Jika semua telah disepakati, barulah TKI sedia memberikan tanda tangannya. Jangan lupa menyimpan salinan kontrak tersebut.

Tulisan ini ditandai dengan:Tanda tangan kontrak kerja tips 

One response to “(Bahasa Indonesia) Bertindak Cerdas Sebelum Tanda Tangan Kontrak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *