News

(Bahasa Indonesia) Angin Typhoon Signal 10 Melanda Hong Kong

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Bulan Juli sampai September biasanya Hong Kong sering dilanda hujan disertai angin kencang. Sabtu sore, 21 Juli 2012, TV di Hong Kong memberitakan ada angin Typhoon Signal 1.  Signal (status kebencanan di Hong Kong)  naik menjadi 3 pada Minggu pagi sampai hari Senin siang. Naik lagi menjadi signal 8 pada Senin sorenya.

Mendekati tengah malam atau Selasa dini hari, signal naik menjadi 10. Selama 7 tahun saya bekerja di Hong Kong, angin kali ini adalah yang terbesar yang pernah saya rasakan. Suara angin menderu-deru disertai dengan hujan lebat. Ombak naik sampai 10 meter lebih menyapu jalanan di bawah apartemen.

Sebenarnya angin seperti ini hampir setiap tahun mampir di Hong Kong, namun angin kali ini memang terasa lebih besar jika dibanding dengan signal 3 atau 8. Praktis semua pusat perbelanjaan, pusat pemerintahan, moda transportasi untuk sementara berhenti otomatis sampai signal angin dinyatakan turun menjadi 3 lalu turun ke 1 dan angin Typhoon dinyatakan hilang sama sekali.

Jalanan menjadi sepi karena semua orang memilih untuk berada di rumah sampai cuaca dinyatakan aman kembali. Para pekerja rumah tangga dihimbau untuk waspada. Mengunci jendela dan pintu adalah wajib saat angin kencang dengan hujan lebat seperti ini.

Semoga cuaca segera pulih seperti sedia kala. [Fera Nuraini]

Tulisan ini ditandai dengan: buruh migran tenaga kerja indonesia 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.