Figures

Enaknya Kerja di Korea

Author

Romli, Mantan TKI di Korea

Romli, salah satu Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  yang bekerja di perusahaan SAECHANG CO.LTD, Icheon, Korea Selatan (1999-2010) menuturkan bekerja di Korea sangatlah menyenangkan. Selain gaji yang cukup besar, yaitu 850.000 won atau setara dengan 6,6 juta setiap bulannya, Romli juga mendapat fasilitas seperti tempat fitnes dan akses internet.

Setiap tiga bulan sekali dia mendapatkan bonus sebesar 70 prosen dari gaji pokoknya, dan setiap hari-hari besar perusahaan tempatnya bekerja memberi libur.

Kisah ini diceritakan oleh Romli, warga Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap (29/5). Menurutnya, bekerja di Korea itu sangat menyenangkan, tapi Romli ingin membuka usaha sendiri di rumah.

“Sebenarnya bekerja di Korea itu menyenangkan, tapi saya ingin membuka usaha sendiri di rumah,” ujarnya.

Memang banyak orang yang bekerja menjadi TKI pulang dengan sukses, namun tidak semua orang mendapat nasib beruntung seperti Romli. Banyak juga yang mengalami nasib kurang baik. Belajar dari pengalaman Romli yang bekerja di Korea, hendaknya calon TKI harus waspada dan mempersiapkan diri dengan matang.

Resti Bona Yulita

[podcast]https://buruhmigran.or.id/audio/korea.mp3[/podcast]

Satu komentar untuk “Enaknya Kerja di Korea

  1. 6,6 juta buat hidup disana selama sebulan ??? yaa ampyuun kecil bgt tu gaji…
    rata2 harga disana tu 3x-4x lipat harga yg ada di indonesia…itu sih sama aj u dikasi gaji Rp 1,5jt – Rp 2jt doankk di indonesia..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.