Buletin KOPI Ponorogo Edisi Agustus 2020

Author

Dunia saat ini tengah menghadapi pandemi coronavirus disease (Covid-19), termasuk Kabupaten Ponorogo. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, desa, dan kelompok masyarakat untuk pencegahan serta penanggulangan Covid-19.

Buletin KOPI Ponorogo edisi Agustus 2020 menghadirkan sorotan terkait beberapa inisiatif desa, khususnya Desa Pondok dan Bringinan, dalam merespon penyebaran pandemi Covid-19. Di Desa Pondok, pemerintah desa dan relawan bahu-membahu mencegah penyebaran virus corona melalui pembagian masker secara gratis. Pemerintah Desa Pondok juga menyediakan ruang isolasi bagi warga yang baru saja tiba di desa. Demikian halnya seperti yang dilakukan oleh Desa Bringinan, warga bergotong royong mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyemprotan desinfektan secara berkala.

Rubrik ekonomi Buletin KOPI Pondok menyajikan ulasan tentang usaha warga desa yang merupakan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kabar dari Desa Pondok menceritakan sosok purna PMI yang merintis usaha kerajinan tangan dan memasarkannya melalui media online. Desa Bringinan mengabarkan purna PMI yang mengembangkan usaha kerupuk serta turut memberdayakan perekonomian warga. Kabar Desa Bringinan juga menyuguhkan perkembangan salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) melalui pengembangan pasar modern dengan mendirikan Bringinan Mart II. Desa Bringinan juga mengangkat salah satu potensi wisata desa yakni makam sesepuh desa Bringinan yang ramai dikunjungi masyarakat pada musim-musim tertentu.

Rubrik kisah menghadirkan sosok Kepala Desa Gelanglor yang berperan penting saat menyelamatkan warganya dari ancaman hukuman mati di Arab Saudi. Di penghujung, buletin KOPI Ponorogo menghadirkan panduan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Akhir kata, redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontributor yang turut memperkaya khazanah pengetahuan demi tujuan mencerdaskan masyarakat di masa pandemi.
Selamat membaca.

Silakan unduh Buletin KOPI Edisi Agustus 2020 di sini.

Tulisan ini ditandai dengan: Buletin KOPI Ponorogo 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.