Buletin KOPI Blitar Edisi Agustus 2020

Author

Dalam kondisi pandemi coronavirus disease (Covid-19), diharapkan untuk terus bahu membahu dan bekerjasama. Tidak hanya dalam pencegahan penyebaran virus corona, tetapi juga kondisi sosial dan ekonomi. Berbagai upaya sudah, sedang, dan akan terus dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, desa, serta seluruh elemen masyarakat.

Buletin KOPI Blitar edisi Agustus 2020 menghadirkan sorotan terkait beberapa inisiatif desa, dalam mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus membantu warga yang terdampak. Di Desa Gogodeso, pemerintah desa membagikan bantuan sosial bagi masyarakat rentan. Selain persoalan ekonomi, warga juga bahu membahu dalam menjaga keamanan di desanya.

Namun demikian, di tengah kondisi serba terbatas masyarakat diharapkan tetap produktif di masa pademi. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas KOPI Pandanarum yang tetap produktif dengan memproduksi pupuk organik bersama para pemuda. Dari Jatinom, berbagi kabar tentang inisiatif pemerintah desa dan KOPI yang berkolaborasi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa). Dalam upaya perlindungan dan penanganan kasus PMI, KOPI Jatinom menyelenggarakan pelatihan dan uji coba Case Management System (CMS) dengan dukungan dari Infest Yogyakarta.

Rubrik sosok kali ini menghadirkan dua perempuan inspiratif. Pertama, Pamuji Lestari, sosok kepala dusun perempuan satu-satunya di Desa Gogodeso yang peduli terhadap isu Pekerja Migran Indonesia (PMI) serta kesejahteraan warganya. Kedua, sosok Supingatin, purna PMI dari Desa Jatinom yang merintis usaha kelontong dan warung ikan bakar bersama suaminya.

Akhir kata, redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim penulis yang turut berbagi kabar, informasi, dan pembelajaran. Selamat membaca.

Silakan mengunduh Buletin KOPI Blitar edisi Agustus 2020 di sini.

Tulisan ini ditandai dengan: Buletin KOPI Blitar Agustus 2020 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.