Kementerian Sumber Manusia Malaysia Umumkan Kenaikan Upah Minimum

Author

Sumber gambar: Kementerian Sumber Manusia, Malaysia.

Kementerian Sumber Manusia, Malaysia, mengumumkan pemberitaan mengenai kenaikan gaji minimum untuk tahun 2020. Kerajaan memutuskan bahwa gaji minimum dinaikkan menjadi RM1.200/bulan (±4 juta rupiah) di bandar-bandar utama, di bawah 57 Majlis Bandaraya dan Majlis Perbandaran.  Gaji minimum selain di wilayah bandar-bandar utama yang ditetapkan dalam keputusan tetap pada RM1.100/ bulan (±3,7 juta rupiah). Upah minimum diikuti oleh jam dan hari untuk karyawan yang dibayar berdasarkan upah perjalanan, komisi dan penugasan akan dirinci dalam urutan upah minimum yang baru.

Upah minimum ditetapkan pada semua pekerja di sektor swasta kecuali pekerja domestik sebagaimana perintah upah minimum 2018. Upah minimum yang ditetapkan akan dimulai pada 1 Januari 2020 berlaku pada semua majikan di wilayah-wilayah yang ditetapkan. Keputusan kerajaan untuk meningkatkan upah minimum bagi para pekerja di beberapa bandar atau kota adalah untuk membantu pekerja di daerah menghadapi tingginya biaya hidup.

Tingkat upah minimum akan terus ditinjau untuk memastikan upah tersebut sesuai dengan kebutuhan pekerja saat ini. Hal ini juga sejalan dengan keinginan untuk mencapai upah minimum RM1,500/bulan (±5 juta rupiah) selama lima tahun pertama pemerintahan koalisi. 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *