Panduan bagi Pekerja Migran Memulai Bisnis

Author

Sumbe
Sumber gambar: pixabay.com

Sebelum bercerita mengenai langkah memulai bisnis, saya akan menceritakan mengenai latar belakang saya lebih dulu. Saya adalah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang saat ini masih bekerja di Malaysia. Menjadi PMI sebenarnya bukan keinginan saya, tapi dengan keadaan ekonomi keluarga yang semakin memburuk, saya akhirnya berangkat ke Malaysia.

Saya bekerja di Malaysia Sejak tahun 2012, bekerja menjadi seorang pekerja di sektor rumah tangga pada sebuah keluarga Amerika-China. Selain bekerja, saya aktif berorganisasi dan mencari peluang usaha untuk menambah penghasilan. Banyak usaha yang pernah saya jalani, namun usaha tersebut gagal. Sampai kemudian saya memutuskan untuk berjualan online dan menjadi reseller untuk sebuah produk di Indonesia. Dari kisah saya, saya akan berbagi sedikit pengalaman bagaimana memulai usaha untuk pertama kalinya: 

  1. Sebelum memulai menentukan usaha yang tepat, yang pertama dilakukan adalah mencintai pekerjaan yang akan dilakukan. Sama seperti saya, sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT), mula-mula saya mencintai pekerjaan itu dan semua menjadi mudah dan menyenangkan;
  2. mengerjakan dengan sepenuh hati, jika semua dilakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas, maka hasilnya pun akan baik; 
  3. mencoba membagi waktu antara bekerja dan berbisnis. Saya menggunakan waktu luang untuk mempromosikan jualan secara online maupun offline
  4. mencari ilmu tentang dunia bisnis sehingga dari sana saya dapat belajar dan mengoreksi kesalahan; 
  5. memperbanyak ibadah seperti shalat, sedekah dan lain sebagainya; 
  6. jangan pernah menyerah dengan impian yang ingin kita raih. Selama kita masih giat berusaha, keberhasilan akan menghampiri kita.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *