Panduan

Panduan Jutking dan Memperpanjang Visa Kerja BMI Hong Kong

Author

Buruh Migran Indonesia yang Berada di Hong Kong Berkumpul di Victoria Park
Buruh Migran Indonesia yang Berada di Hong Kong Berkumpul di Victoria Park

Sudah menjadi kebijakan Pemerintah Hong Kong, bahwa setiap pekerja migran sektor rumah tangga (foreign domestic helper) harus keluar dari Hong Kong setelah dua tahun kontrak. Aturan ini sebenarnya sangat diskriminatif, karena buruh migran tidak akan mungkin untuk mendapat status warga tetap (permanent resident) di Hong Kong yang seharusnya bisa didapat setelah tujuh tahun menetap di sana dan tidak keluar.

Pada panduan memperpanjang visa kali ini, akan fokus pada situasi kontrak kerja yang habis (2 tahun), baik memperbarui kontrak dengan majikan lama maupun ganti majikan. Hal pertama yang harus dilakukan BMI terkait perpanjangan kontrak adalah memastikan status kontrak kerja sebulan sebelum berakhir. Tanyakan atau bicarakan status hubungan kerja Anda dengan majikan, sebulan sebelum kontrak kerja berakhir.

Ada 4 situasi terkait hal di atas, pertama, Anda dan majikan sama-sama masih bersedia untuk memperpanjang kontrak kerja. Situasi kedua, Anda tertarik perpanjang kontrak sedangkan majikan tidak. Ketiga adalah ketika majikan tertarik dan Anda tidak. Lalu yang terakhir adalah Anda dan Majikan sama-sama tidak tertarik untuk memperbaharui kontrak.

Melihat 4 kemungkinan situasi di atas, maka dirasa penting untuk memperjelas status hubungan kerja dengan majikan sebulan sebelum kontrak kerja habis, agar baik Anda maupun majikan dapat mempersiapkan masa transisi, baik pengurusan dokumen visa/keimigrasian, mencari majikan baru (jika Anda ganti majikan), dan merencanakan Jutking atau keluar dari Hong Kong untuk kebutuhan memperbarui izin tinggal (visa).

Jika kita tidak punya rencana untuk cuti pulang ke Indonesia, keluar ke Macau dan Shenzhen bisa menjadi alternatif, karena selain dekat, juga murah untuk jutking. VoM edisi kali ini akan memberikan panduan cara mudah dan murah memperpanjang visa ke Shenzhen yang dapat ditempuh dengan KCR dan Macau dengan menggunakan kapal Ferry.

Jutking ke Shenzhen

  1. Siapkan paspor, KTP Hong Kong, kontrak kerja dan uang dalam bentuk Yuan China (bisa tukar lebih dahulu ke jasa penukaran uang) sebesar 168 Yuan.
  2. Naik Kowloon–Canton Railway (KCR) menuju Lo Wu (lihat di peta MTR), setelah sampai, kemudian masuk melewati Imigrasi Hong Kong dan jalan lurus melewati jembatan. Di sana akan melihat eskalator, naiklah di sebelah kiri yang ada tulisan SHENZHEN VISA OFFICE, sebelum tempat antrian masuk imigrasi China (buka 24 jam).
  3. Naik ke atas, masuk kantornya, ambil nomor urut, tunggu giliran sambil mengisi formulir lalu bayar dan selesai. Jangan ikut antri di Imigrasi kalau belum punya visa.
  4. Setelah mendapat visa, lanjut antri di loket Imigrasi masuk ke China, setelah masuk ke Shenzhen dan dapat stempel cop di paspor lalu jalan keluar.
  5. Jika tidak ingin jalan-jalan ke Shenzhen, silahkan masuk lagi ke Imigrasi dan baris di loket keluar dari China. Setelah itu antri di loket Imigrasi masuk Hong Kong dan kita sudah punya visa tinggal untuk menyelesaikan kontrak kerja sampai finish.

Jutking ke Macau

  1. Siapkan dokumen seperti paspor, KTP Hong Kong, kontrak kerja dan tiket kapal ferry menuju Macau,
  2. Ikuti antrian di bagian imigrasi, setelah pemeriksaan dokumen lalu menuju ke kapal ferry sesuai tiket yang dibeli.
  3. Setelah kapal sampai di Macau, turun dan antri di imigrasi khusus visitor lalu keluar. Saat ke Macau bisa sekalian jalan-jalan atau jika tidak ingin jalan-jalan bisa langsung kembali ke Hong Kong satu jam kemudian.
  4. Sebelum kembali ke Hong Kong, siapkan tiket kapal ferry. Antri di Imigrasi khusus visitor dan di sana akan mendapatkan visa baru sampai finish kontrak (Journey Completed).

Mengenai jutking ke Shenzhen, ada beberapa agen travel yang menawarkan jutking bersama dengan harga tertentu sekaligus paket jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata dan makan di restoran halal. Kawan-kawan bisa memilih cara mandiri atau ikut agen travel. Perlu diperhatikan juga jika ikut agen travel maka harus mengikuti peraturan yang sudah ditentukan dalam rombongan tersebut. Selain itu juga perlu hati-hati agar tidak tergoda membeli barang-barang yang ditawarkan saat mengunjungi pabrik atau toko-toko tertentu. Usahakan tidak terpisah dari rombongan saat ikut agen travel.

Visa yang kita dapat dari jutking biasanya tertulis di kertas putih kecil. Simpan dan jangan sampai hilang karena saat keluar Hong Kong kertas itu akan diperiksa lagi. Jika kertas putih hilang, maka harus ke kantor Imigrasi Hong Kong untuk mengambil kembali. Ingat, buruh migran yang keluar dan masuk Hong Kong harus sesuai dengan data yang sudah diajukan ke Imigrasi.

Catatan:

Terkait kebijakan keluar dari Hong Kong, Setelah kontrak kerja 2 tahun BMI selesai, BMI memiliki dua pilihan:

  1. Setelah kontrak kerja Anda yang baru diproses majikan, Anda keluar dari Hong Kong (jutking) dan menggunakan kontrak kerja baru tersebut untuk memperoleh “Re-entry visa atau visa masuk kembali” (izin tinggal 2 tahun),
  2. Atas permintaan majikan, Anda tetap bisa berada di Hong Kong (melanjutkan bekerja selama 1 tahun tanpa meninggalkan Kong Kong). Dalam hal ini, majikan mengurus prosesnya di Imigrasi dan Anda akan diberikan 1 tahun visa tambahan, dengan jaminan dari majikan bahwa BMI terkait akan meninggalkan Hong Kong sebelum kontrak 1 tahun berikutnya disetujui.

8 komentar untuk “Panduan Jutking dan Memperpanjang Visa Kerja BMI Hong Kong

  1. saya bln 1 ini sdh finish, klau sampai bln 10 saya blm bisa cuti indo..apakah saya hrs jutking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.