* Panduan

Hati-Hati Menjadi Buruh Migran Penjamin Hutang

Author

Berhati hatilah Menjadi Penjamin Hutang
Berhati hatilah Menjadi Penjamin Hutang

Kadang kala ketika buruh migran memiliki kebutuhan ekonomi mendesak di negara penempatan, dengan terpaksa mereka akan berhutang pada lembaga atau perorangan. Kadang untuk berhutang, buruh migran butuh penjamin sebagai ganti jaminan barang. Apa yang perlu dilakukan jika kita sebagai buruh migran menjadi penjamin bagi kawan sesama buruh migran?

Perlu diingat bahwa ketika buruh migran bertanda tangan sebagai penjamin untuk sebuah hutang, maka tanggung jawabnya setara dengan peminjam yang asli kepada lembaga pinjaman uang. Hal ini berlaku ketika peminjam tidak mampu membayar atau sengaja melarikan diri dari kewajibannya untuk membayar. Maka penjamin yang akan mengambil alih tanggung jawab untuk melunasi hutangnya.

Sebelum setuju untuk menjadi penjamin dalam hutang apapun, kita harus yakin bahwa peminjam jujur dan mampu membayar hutangnya. Hanya dalam keadaan yang tidak memungkinkan baru kita akan mengambil alih tanggung jawab pembayaran hutang tersebut. Namun sekali lagi, tetap harus diyakinkan bahwa anda sendiri siap untuk membayar hutang yang belum dibayar. Ingat bahwa jika peminjam asli masih dapat dilacak, maka penjamin dapat memberitahu keberadaan peminjam kepada lembaga peminjam uang.

Sumber : Disarikan dari buku Know Your Rights, Mission For Migrant Workers.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *