Panduan

Hal-Hal yang Perlu Dipahami TKI Perawat Lansia Taiwan

Author

Ilustrasi Job Description
Ilustrasi Job Description

Pekerja rumah tangga dan perawat rumah tangga memiliki gambaran pekerjaan yang berbeda, tetapi sebagian majikan ada yang menyuruh perawatnya untuk melakukan persilangan pekerjaan tersebut. Seperti misal tugas utamanya sebagai perawat lansia, tetapi masih diberi pekerjaan tambahan untuk membersihkan rumah, membawa anjing jalan-jalan atau menjemput anak sekolah.

Depnaker Ketenagakerjaan Taipei, Taiwan, menyatakan bahwa pekerjaan perawat rumah tangga sebatas untuk menjaga orang yang dirawat dan membantu kehidupan sehari-sehari orang yang dirawat. Pekerjaan perawat rumah tangga seperti memberi makan, membersihkan lingkungan pasien, mencuci baju pasien dan hal-hal lain yang berrkaitan dengan pasien.

Majikan yang mempekerjakan perawatnya menjadi pekerja rumah tangga dianggap melanggar hukum. Majikan yang mengizinkan atau bahkan meminta buruh migrannya untuk membantu mengurus rumah orang lain termasuk melanggar hukum. Begitu pula ketika ada buruh migran yang berinsiatif membantu pekerjaan di luar gambaran kerjanya juga akan dianggap melanggar hukum.

Ketika menangani orang lansia ataupun pasien berpenyakit berat, seorang perawat yang berstatus buruh migran tak diperkenankan untuk membantu pemasangan selang infus atau kateterisasi selang kencing. Dua hal tersebut tergolong aktivitas kedokteran dan oleh karenanya hanya boleh dilakukan dokter atau perawat profesional yang telah ditunjuk.

Majikan tidak diizinkan menugaskan seorang TKI untuk melakukan pemasangan sebagaimana yang disebutkan di atas. Tetapi bagi pasien yang memiliki kemampuan dan telah diizinkan oleh dokter untuk menyuntikkan insulin sendiri, maka perawat berstatus buruh migran diperkenankan membantu di bawah instruksi pasien.

Jika pasien tak memiliki kemampuan melakukan menyuntikkan insulin sendiri, maka perawat berstatus buruh migran dapat melakukannya dengan mengikuti instruksi dokter, tetapi masih dalam kondisi tertentu yang diizinkan. Buruh migran juga diizinkan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah pasien, namun tidak termasuk tindakan medis seperti diagnosa penyakit dan menentukan pengobatan.

Sumber : Disarikan dari www.ntpc.gov.tw

6 komentar untuk “Hal-Hal yang Perlu Dipahami TKI Perawat Lansia Taiwan

  1. Apakah boleh memperkerjakan buruh migran tanpa ada lansia yang butuh di rawat, dan melekukan semua pekerjaan rumah

  2. Sebenernya saya capek.job saya merawat orang tua.tp byk tambahan pekerjaan.tolong saya.supaya majikan paham tentang pekerjaan yg boleh saya lakukan.help me

  3. Sama banget. Saya kerja dari jam set 7 sampai paling cepet bisa istirahat set 1 ?. Padahal ama saya jam 8 malem udah tidur. Yg harus dibantu di perhatiin banget malah yg muda2!

  4. Job saya juga menjaga lansia tapi majikan meminta saya mengerjakan pekerjaan rumah sebanyak mungkin. Saya bekerja mulai jam set 7 pagi sampai paling cepat saya istirahat jam set 1 malam. Siang jarang bisa istirahat. Klo kurang istirahat krn urus pasien sih no problem udh kewajiban lah ini?? Bener2 kurang istirahat

  5. 0274-417004 itu dbwah ada no telp,coba ajamba.
    Aq perawat lgi liat prog peeawat taiwan dn singapure, tpi blm phm kondisi dsana

  6. Kalau kita di Taiwan kerja sebagai Perawat orang tua Tapi kerjaan nya Disuruh juga bersih rumah berkebon Dan lain apa kah itu Sudah melanggar hukum padahal yang harus di kerjakan menjaga pasien,memberi makan,minum,obat Dan memandikan mengajak jalan2 yang berhubungan dengan pasien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.