Panduan

Slip Gaji TKI Taiwan Harus Dituliskan Dalam Dua Bahasa

Author

Ilustrasi Gaji
Ilustrasi Gaji

Merujuk peraturan dari Council of Labor Affairs (Kementerian Tenaga Kerja Taiwan), majikan yang mempekerjakan pekerja migran mempunyai sejumlah kewajiban menyangkut gaji. Ketika Buruh Migran Indonesia diberi gaji oleh majikan, BMI/TKI harus meminta daftar rincian gaji yang ditulis dalam dua bahasa (bahasa asal pekerja migran dan bahasa yang digunakan di Taiwan). Di dalam slip gaji tercantum total gaji pokok dan lembur, jenis-jenis potongan gaji seperti potongan PPTKIS, fee agensi, asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja dan pajak.

Gaji dibayar oleh majikan sesuai dengan apa yang tertera dalam slip. Jika jumlah yang diterima tak sesuai dengan slip gaji, pekerja harus membuat catatan tentang kekurangan serta kelebihan dan membicarakannya dengan majikan. Slip gaji sebaiknya disimpan karena akan menjadi acuan jika sewaktu-waktu Anda mendapat masalah terkait dengan perhitungan gaji.

Gaji diserahkan oleh pihak pertama (majikan) kepada pihak kedua yakni (pekerja), tanpa melalui perantara pihak ketiga seperti misalnya agensi. Memberikan gaji pekerja pada agensi dan membayar gaji tanpa menandatangani lembaran gaji adalah tindakan yang melanggar UU Ketenagakerjaan di Taiwan. Selain itu gaji juga harus dibayar setiap bulan oleh majikan pada pekerja di waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.

Jika majikan melanggar kewajiban-kewajiban sebagaimana disebutkan di atas, maka lakukanlah cara-cara seperti di bawah ini :

1. Bicarakan dengan agensi untuk menegaskan kewajiban-kewajiban majikan terhadap Anda.
2. Jika tak ada tanggapan, agensi bisa melapor ke 1955 untuk pengaduan. Catat nama penerima dan jam melapor.
3. Jika masih tak mempan, lapor ke organisasi buruh migran di Taiwan. Ada Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI Taiwan), Ikatan Pekerja Indonesia Taiwan (IPIT), atau Non Government Organization (NGO) di Taiwan.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.