Berita

Harapan-Harapan Buruh Migran Pada Presiden Terpilih

Author

Jadwal Pemilihan Presiden Indonesia 2014 di Luar Negeri
Jadwal Pemilihan Presiden Indonesia 2014 di Luar Negeri

Buruh Migran Indonesia (BMI) atau TKI menyumbang devisa tak sedikit bagi negara ini. Buruh migran juga menggerakkan ekonomi di desa-desa dengan remitansinya. Namun nasib mereka yang bekerja sebagai buruh migran tak kunjung membaik. Pemilihan Presiden Indonesia kali ini tentu menjadi penentu gerak langkah Indonesia di masa mendatang. Siapa pun Presiden terpilih nanti, tenaga kerja Indonesia berharap agar mereka tetap diperjuangkan nasibnya. Berikut ini beberapa buruh migran dan pegiat buruh migran yang mengungkapkan harapan-harapannya pada presiden yang nanti terpilih :

Erni Yunita-Buruh Migran Indonesia di Singapura
Harapan saya tentunya sebagai BMI/TKI, Presiden ya pastinya harus pro TKI dan selalu ikut andil besar buat kesejahteraan TKI. Siapa pun yang terpilih nantinya kita mendukung sepenuhnya karena selama ini TKI hanya sebagai komoditas ekspor tapi nggak diperhatikan sisi lain dari TKI apalagi kesejahteraannya.

Yunita Rohani-Pegiat Buruh Migran SBMI Lampung
Kami berharap pada presiden baru nanti perlindungan bagi BMI dan anggota keluarganya lebih dikedepankan sesuai peraturan yang ada. Perekenomian bagi mantan TKI lebih dikedepankan karena selama ini mereka tidak bisa mengelola hasil yang didapat dari luar negeri dengan baik. Lebih banyak lagi sosialisasi di tingkat kampung-kampung untuk migrasi. Intinya kami berharap presiden benar-benar berpihak kepada BMI dan bisa memberi hukuman yang tegas bagi pelaku kejahatan apapun itu.

Asty Maharani-Buruh Migran Indonesia di Singapura
Siapapun presiden yang terpilih nanti harus mampu mensejahterakan rakyat.

Narsidah-Pegiat Buruh Migran Banyumas
Semoga presiden yang baru nanti dapat membuat kebijakan-kebijakan yang benar-benar melindungi buruh migran.

Hanny-Buruh Migran Indonesia di Hong Kong
Semoga presiden baru bisa mensejahterakan rakyat, menciptaka lapangan kerja, memberi kemudahan para pengusaha kecil, membina para wirausaha agar lebih maji dan bisa menyerap tenaga kerja. Kalau rakyat Indonesia tidak ada yang jadi penganggur maka hidup akan semakin sejahtera.

Ummai Umairoh-Buruh Migran Indonesia di Singapura
Harapannya presiden yang terpilih nanti siapa pun itu semoga menjadi pemimpin yang amanah, memberikan kesejahteraan dan perlindungan terhadap semua rakyat tanpa menilai agama dan jabatannya. Tentunya buruh migran akan tetap menagih janji-janji Anda. Presiden yang terpilih nanti juga harus melakukan perubahan yang signifikan bukan hanya obral janji. Indonesia juga harus meratifikasi ILO C189, dimana perlindungan dan hak Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) atau TKI harus dan jelas dalam memberikan perlindungan sebagai mana tercantum dalam ILO C189. Presiden baru juga harus melakukan gebrakan Internasional dimana negara Indonesia harus berani bernego dengan negara tujuan untuk mengimplementasikan perlindungan yg tertera dalam ILO C189 tersebut. Selain itu juga menghapus adanya KTKLN dan merevisi kembali UU 39 tahun 2004 atau mencabut UU tersebut. UU PPRT dalam negeri juga juga harus secepatnya diwujudkan. Kesejahteraan dan perlindungan rakyat baik dalam negeri maupun yg berada di luar negri Harus Lebih signifikan.

David Wuda Wea-Buruh Migran Indonesia di Malaysia
Harapan saya siapapun yang terpilih nanti harus bisa menyelesaikan berbagai masalah yang sering dialami Buruh Migran di luar negeri, termasuk meninjau kembali UU Nomor 39 tahun 200, juga masalah penggunaan KTKLN dan asuransi TKI yang selama ini selalu diperdebatkan di forum dunia maya.

Sring Atin-Buruh Migran Indonesia di Hong kong
Presdien baru semoga benar-benar jadi presidennya rakyat bukan pemodal, jadi benar-benar akan menjalankan program untuk rakyat dan keberpihakanya jelas. Presiden baru juga harus menjalani apa yang sudah ia katakan saat kampanye pemilu. Lebih dari itu bisa menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang merdeka dari kontrol asing.

Thobib-Buruh Migran Indonesia di Arab Saudi
Harapannya presiden baru melindungi rakyatnya sebagi buruh migran Indonesia di luar negeri.

Fera Nuraini-Buruh Migran Indonesia di Hong Kong
Harapannya rakyat lebih sejahtera, birokrasi yang rumit bisa dipermudah, lapangan kerja banyak jadi tidak perlu lagi rakyat pergi ke luar negeri untuk bekerja dan terpisah dengan anak dan keluarganya.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.