Seorang BMI Overstay Arab Saudi Meninggal Dunia

Author

Khotijah Binti Hosen, buruh migran overstay Arab Saudi sat kritis sebelum meninggal.
Khotijah Binti Hosen, buruh migran overstay Arab Saudi sat kritis sebelum meninggal.

Kabar duka kembali menimpa Buruh Migran Indonesia (BMI) overstay di Arab Saudi. Siti Khotijah Binti Sangidin (27), BMI asal Losari Cirebon telah meninggal dunia pada Selasa (14/1/13) waktu setempat sekitar pukul empat sore di Rumah Sakit Malik Fahad karena sakit. Almarhum meninggalkan seorang bayi berusia empat bulan yang sampai saat ini masih di Tarhil Shumaysi ambar (sel tahanan) 20H.

“Hari senin setelah makan, ibu dan anak ini tertidur. Tiba-tiba anaknya nangis dan salah satu teman kami bermaksud membangunkan ibu ini, tapi yang kami dapat dia sudah tidak sadar dan mulutnya mengeluarkan busa,” terang salah satu BMI yang berada di ambar 20H kepada Thobib Njajar. Saat kejadian tidak ada penjaga yang bertugas, dan para BMI yang terkurung terus menggedor pintu dan jendela penjaga. Baru setelah 30 menit kemudian, penjaga datang dan membawa Khotijah ke rumah sakit.

Keadaan bayi almarhum yang bernama Raehan juga sedang demam dan sangat memprihatinkan. Menurut kesaksian para BMI di ambar 20H, Kotijah memiliki sifat tertutup dan penyendiri. Hal tersebut menyebabkan orang-orang di sekitar tak tahu tentang riwayat penyakit yang dideritanya hingga kejadian tragis tersebut terjadi. Kondisi almarhum sejak masuk ke  Tarhil Shumaysi juga menyedihkan karena badannya harus ditopang dengan kursi roda. Keluarga almarhum di Jeddah rencananya akan ke KJRI untuk mengurus dokumen dan kepulangan jenazah Khotijah.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah buruh migran overstay yang masih tersisa di  Tarhil Shumaysi sesuai data per Jumat adalah 900an orang. Sedangkan buruh migran overstay yang telah dipulangkan menurut Memet seorang staf KJRI, berjumlah 12.000 lebih dan di Mathor Qodim jumlah buruh migran yang ada hanya tersisa 6 orang.

Redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) turut berduka cita atas meninggalnya BMI Khotijah. Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.