Berita

Ruki, TKW Cirebon 13 Tahun Tanpa Kabar

Author

Warkini, perempuan asal Desa Serang Wetan, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon masih berharap bisa kembali bertemu dengan Ruki bin Tarna, putrinya yang sudah hilang kontak selama 13 tahun. Ruki binti Tarna bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) di Arab Saudi pada tahun 1996 melalui PT. Sabika Arabindo Jakarta.

Awalnya, Keberangkatan Ruki binti Tarna ke Arab Saudi diharapkan bisa mengubah nasib dan kesejahteraan keluarganya di Cirebon, namun sejak tahun 2000 komunikasi keluarga tidak bisa mengubungi Ruki bengitu pun sebaliknya hingga sekarang.

Permasalahan yang dihadapi oleh keluarga Ruki binti Tarna akhirnya diadukan melalui Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cirebon. Walaupun keluarga cukup lama kehilangan kontak dengan Ruki di Arab Saudi, tapi keluarga baru mengadukan kasus tersebut pada Februari 2012.

Ketua SBMI Cirebon Castra Aji Sarosa menilai penyebab keluarga telat melaporkan kasus adalah minimnya informasi dan pos pengaduan BMI yang ada di Cirebon.

“Banyak keluarga yang bingung dan tidak paham untuk melaporkan kasus yang terjadi pada keluraganya yang menjadi BMI. Ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah untuk bisa lebih memperluas informasi dan posko pengaduan di wilayah” kata Castra

Castra dan pengurus SBMI Cirebon sedang mencari data yang lebih lengkap untuk mendukung terselesaikannya masalah tersebut. Rentang waktu yang cukup lama, cukup menyulitkan untuk kembali melacak keberadaan Ruki bin Tarna. Data terakhir yang diperoleh dari keluarga, Ruki binti Tarna pada tahun 2000 diketahui bekerja pada Moh. Altamimi dengan alamat Po Box 202033 Jeddah 21445 KSA. Namun hingga kini keberadaannya masih belum diketahui.

“Data yang kita terima dari keluarga cukup minim, selain meneyerahkan foto, keluarga juga hanya memiliki alamat tinggal pertama di Arab Saudi dan PT yang memberangkatkan. Sehingga saat ini kita masih menggali data yang lainnya” ungkap Castra.

2 responses to “Ruki, TKW Cirebon 13 Tahun Tanpa Kabar

  1. Kalau Ruki itu TKW (perempuan) mestinya memakai binti bukan bin, yakni Ruki BINTI Tama. bukan Ruki bin Tama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *