Diberangkatkan PT. Avida Aviaduta, 9 Tahun Keberadaan Admini Tidak Jelas

Author

Admini, TKI asal Banyumas yang putus kontak dengan keluarga selama 9 tahun
Admini, TKI asal Banyumas yang putus kontak dengan keluarga selama 9 tahun

Paguyuban Perlindungan Buruh Migran dan Perempuan SERUNI Banyumas terus berupaya memperjuangkan penyelesaian kasus Admini, pekerja migran asal Banyumas yang putus kontak selama 9 tahun dengan keluarga. (baca reportase Suswoyo: Admini, TKI Banyumas 9 Tahun Putus Kontak dengan Keluarga)

Menurut keterangan Madmungi, ayah Admini, keluarga pada akhir tahun 2002 pernah mencoba menghubungi nomor telepon yang tertera di sampul surat yang dikirim Admini. Suginah, mantan pekerja migran di Arab Saudi sekaligus sepupu Admini menjadi wakil keluarga untuk menghubungi nomor tersebut. Berbekal kemampuan berbahasa Arab yang fasih, Suginah tersambung berhasil tersambung dengan majikan Admini melalui sambungan telepon.

“Jawaban sang majikan saat itu adalah Kamu tidak boleh menghubungi pekerja di rumah saya.” tutur Suginah, menirukan ucapan majikan Admini. Sejak kejadian tersebut sampai sekarang nomor telepon yang diberikan Admini tidak aktif.

Sekitar tahun 2005, Madmungi, ayah Admini, nekat ke Jakarta untuk meminta informasi tentang keberadaan anaknya kepada pihak PT. Avida Aviaduta yang memberangkatkan anaknya. Menurut Madmungi, pihak PT menyatakan akan berusaha mencari keterangan tentang keberadaan anaknya. Saat itu pihak keluarga hanya disuruh bersabar menunggu perkembangan informasi dari PT. Avida Aviaduta.

PT. Avida Aviaduta sebagai perusahaan yang mengurus proses penempatan Admini di Arab Saudi terbukti benar-benar tidak serius mengupayakan informasi tentang keberadaan Admini. Pihak keluarga dipaksa menunggu selama 6 tahun (2005-2006) tanpa kepastian kabar dari PT. Avida Aviaduta. 

PT. Avida Aviaduta sebagai perusahaan pelaku penempatan Admini sebagai TKI di Arab Saudi tidak kunjung memberi kepastian atas posisi dan peluang melakukan kontak dengan Admini.

Dino, sepupu Admini, memberikan informasi, pada hari Rabu (23/11/2011) pihak keluarga kembali menghubungi PT Avida Aviaduta untuk minta alamat majikan Admini di Arab Saudi. Pihak PT Avida Aviaduta saat itu menolak dan tidak memberikan alamat majikan. Pihak keluarga Admini hanya diberi nama majikan, yaitu Muhammad Soleh Al Jarri, dan sebuah nomor telepon. Namun keluarga gagal menghubungi karena nomor yang diberikan PT ternyata tidak valid.

Berita terkait:

  1. Admini, TKI Banyumas 9 Tahun Putus Kontak dengan Keluarga 
  2. Seruni Banyumas, Jembatani Penanganan Bersama Kasus Admini 

 

3 komentar untuk “Diberangkatkan PT. Avida Aviaduta, 9 Tahun Keberadaan Admini Tidak Jelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.