Berita

PTK Mahnettik Cilacap Sosialisasikan Pelatihan Keterampilan Bagi Calon TKI

Author

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cilacap akan melaksanakan program pelatihan ketrampilan untuk Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terkena dampak moratorium. Pelatihan tersebut dikemas dalam tepatnya Program Kecakapan Hidup (PKH) bagi Pemuda Usia Produktif, mulai Okober sampai Desember 2011.

Pelaksana pelatihan Dra. Sudi Sunarmi, MM, Kabid Paud -PNFI Disdikpora Cilacap mengatakan program ini merupakan program yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan Nasional. Program ini disamping bertujuan untuk mengurangi pengangguran atas dampak moratorium, juga untuk menekan jumlah TKI sektor informal.


“Walaupun bagaimana, moratorium TKI yang terbit bulan Agustus lalu telah menyebabkan masyarakat yang berniat ke negara tujuan yang diberlakukan moratorium menjadi pengangguran. Dengan program ini, mereka diharapkan akan tetap bia bekerja dengan memanfaatkan ketrampilan dan potensi lokal yang ada,” jelas Sudi Sunarmi.
Jumlah kuota peserta dari Kabupaten Cilacap adalah yang terbanyak di Jawa Tengah, yakni 310 orang dari 1350 kuota peserta yang disediakan. Pemilihan kuota terbanyak ini mengacu pada ranking Kabupaten Cilacap sebagai penyumbang TKI terbesar di Jawa Tengah. Jenis-jenis pelatihan yang diadakan meliputi pelatihan menjahit, pelatihan salon dan spa, pelatihan perikikanan, pelatihan otomotif dan pertanian.
“Masing-masing peserta nantinya akan diberi alat dan atau benih sebagai modal kerja awal. misalnya untuk pelatihan menjahit, peserta akan diberi mesin jahit dan alat pendukung untuk menjahit, pelatihan perikanan akan diberi bibit dan alat-alat pendukung praktek perikanan,” lanjut Sudi Sunarmi.
Pelatihan ini juga bekerja sama dengan Dinsosnakertrans Kabupaten Cilacap untuk pendataan pesertannya. Dinsosnakertrans melalui Sutikno, SH, Kabid Binapenta Dinsosnakertrans Kabupaten Cilacap mengajak Pusat Teknologi Komunitas Rumah Internet untuk TKI (PTK Mahnettik) Cilacap untuk ikut mensosialisasikan dan membuka pendaftaran program tersebut di wilayah Sidareja dan sekitarnya.
Pengelola PTK Mahnettik Cilacap, Sabik Al Fauzy membenarkan dan menginformasikan pendaftaran peserta untuk wilayah Kecamatan Sidareja, Cipari,Kedungreja, Patimuan bisa dilakukan di PTK Mahnettik yang beralamat di Jalan. Jendral Suirman No. 14 Sidareja, Cilacap. Selain dilaksanakan di Cilacap, program PKH ini juga dilaksanakan di Kabupaten lain di Provinsi Jawa Tengah, seperti Banyumas, Banjarnegara, dan lain-lain. (AF)

Tulisan ini ditandai dengan: buruh migran 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.