Berita

PTK Mahnettik Lombok Tengah Gelar Pelatihan Penggunaan Internet Bagi Buruh Migran

Author

Pelatihan Internet
Pelatihan Internet

Persoalan buruh migran merupakan persoalan yang sangat kompleks. Persoalan tidak hanya terjadi saat penempatan maupun setelah penempatan, akan tetapi persoalan juga terjadi saat calon buruh migran tersebut direkrut oleh PPTKIS. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang diterima oleh calon buruh migran.

Oleh karena itu Pusat Tehnologi Komunitas (PTK) Lombok Tengah memberikan Pelatihan Penggunaan Internet bagi buruh migran di Desa Perentek Lombok Tengah (31/01/2011) yang diikuti oleh 20 orang peserta dari kalangan buruh migran dan calon buruh migran.

Pelatihan ini diharapkan mampu membangun kesadaran buruh migran akan arti pentingnya internet dalam dunia buruh migran. Menurut Burhan (25) tahun, pengelola PTK Mahnettik Lombok Tengah, pelatihan ini merupakan ajang untuk memperkenalkan internet kepada buruh migran supaya mereka bisa mengakses informasi yang tepat sehingga tidak mudah tertipu oleh janji-janji calo PPTKIS. Selain itu, setelah mereka sampai di negara tujuan, mereka diharapkan mampu berkomunikasi dengan keluarga melalui internet.

“Selama ini calon tenaga kerja sering sekali tertipu oleh calo PPTKIS disebabkan mereka tidak mempunyai sumber informasi yang benar mengenai tata cara serta prosedur pemberangkatan TKI”, ungkap Burhan.

Dalam kegiatan ini peserta diajarkan bagaimana mengirim email, chatting, searching dan lain sebagainya, bahkan pengelola juga menjelaskan bagaimana prosedur pemberangkatan yang benar.

3 komentar untuk “PTK Mahnettik Lombok Tengah Gelar Pelatihan Penggunaan Internet Bagi Buruh Migran

  1. wah..selamat ya. bagaimana jika pak Zarki juga menuliskan tentang prosedur pemberangkatan yang benar bagi BMI?. kami tunggu….

  2. Aloo mas Zarqi…, Mantab nich bergiat terus…
    oh iya, waktu mengadvokasi kasus Sakmah, ada dokumentasi fotonya ndak?? kirim ke dong…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.