Panduan

Jangan Menjadi TKI Ilegal!

Author

Buruh Migran

Tidak di Malaysia atau di mana pun negara tujuan TKI bekerja, jangan sekali pun menjadi TKI ilegal. Jika dihitung untung-ruginya, resiko menjadi TKI ilegal jauh lebih besar ketimbang TKI jalur resmi. Jangankan TKI ilegal, TKI yang mempunyai dokumen resmi pun belum pasti mendapatkan keselamatan bekerja di negara tujuan.

Posisi TKI ilegal berada di luar ketentuan dan aturan hukum yang berlaku. Mereka tidak mempunyai kontrak resmi yang jelas dan mengikat, sehingga seorang majikan dapat  semena-mena menentukan nominal gaji dan jam kerja. Bahkan tidak jarang, untuk menekan para TKI ilegal, banyak majikan yang memberikan ancaman akan melaporkan TKI ilegal tersebut kepada aparat kepolisian.Di bawah ancaman majikan, TKI tanpa dokumen dibuat tidak berkutik. Mau tidak mau dia harus menuruti ketentuan yang diatur majikannya.

Melihat dari banyak kasus sebelumnya, banyak TKI ilegal yang mendapatkan perlakuan tidak manusiawi di negara tujuan. Mereka digaji di bawah ketentuan upah minimum, tidak mendapatkan hak perlindungan keselamatan kerja serta fasilitas yang seharusnya mereka terima, menerima perlakukan kasar dari aparat pemerintah, dan bagi para Tenaga Kerja Wanita (TKW) tidak jarang mereka mereka menjadi korban pelecehan seksual.

Dari sisi kenyamanan diri, status ilegal memaksa para TKI rajin bermain kejar-kejaran dan kucing-kucingan dengan aparat imigrasi. Peluang mereka untuk dijadikan sasaran  pemerasan ketika tertangkap oleh aparat pun sangat besar. Meskipun begitu, ada banyak pangusaha atau calon majikan yang sengaja memilih mempekerjakan para TKI ilegal ini dengan keuntungan mereka dapat menggaji di bawah upah minimum. Pada tingkat lebih parah, para pengusaha ini sering kali mempunyai cara licik, yaitu mereka mengancam akan melaporkan para TKI ilegal ini kepada aparat imigrasi menjelang kontrak keduanya berakhir. Harapannya, ketika TKI ilegal ini terancam, mereka tidak mempunyai posisi daya tawar sehingga para majikan licik tersebut dapat membayar upah lebih rendah dari kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Andai para TKI ilegal tersebut marah, kemudian akan melaporkan sang majikan kepada aparat, pasti tidak akan berani. Hal itu sama dengan “bunuh diri”.

Sesuatu yang dimulai dari hal buruk pasti berujung pada hal buruk pula. Oleh karena itu, jangan pernah percaya pada calo ilegal atau jasa penyalur tenaga kerja yang memalsukan identitas TKI untuk alasan apa pun. Bersabar merupakan solusi terbaik untuk keamanan dan kenyamanan bekerja. Terlepas dari alasan apa pun, tempuhlah jalur TKI resmi untuk menghindari kecurangan yang bisa membahayakan diri sendiri.

Tulisan ini ditandai dengan:buruh migran TKI ilegal 

2 responses to “Jangan Menjadi TKI Ilegal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *