Menilik Arca Jaka Tarub di Hutan Pandanarum

Author

Situs Jaka Tarub di Desa Pandanarum
Situs Jaka Tarub di Desa Pandanarum

Di Desa Pandanarum, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar terdapat situs bersejarah zaman Hindu yang diberi nama Arca Jaka Tarub. Situs ini berada di Hutan Pangkuan, Pandanarum atau sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Hingga sekarang, situs ini masih dijaga keberadaannya.

Menurut sesepuh desa, situs dipercaya dibuat oleh Rezi Wilopo dengan arca berbentuk Dewa Ganesha yang melambangkan kebijaksanaan. Kemungkinan, arca ini dibuat sejak Zaman Kerajaan Hindu Majapahit. Namun sayang, bagian kepala arca Jaka Tarub sudah tidak ada dan hanya menyisakan bagian badan.

Soal kerusakan bagian kepala arca ini ada dua versi. Pertama, karena pada saat ditemukan dalam posisi terjungkal. Kemungkinannya, bagian kepala rusak saat akan dipindahkan. Versi kedua, kepala arca dihancurkan oleh pihak yang tidak menyukai keberadaannya. Sebab, dulu, ada orang-orang tertentu yang mempercayai bahwa situs ini mempunyai kekuatan gaib. Kepercayaan ini mulai tergeser dengan masuknya agama Islam di wilayah Pandanarum.

Tidak ada informasi pasti kenapa situs ini dinamakan Jaka Tarub. Mungkin karena wilayah ini berada di dataran tinggi dan dekat dengan sumber mata air “Mbelik Jambu”. Seperti kisah Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari dari Kayangan.

Tulisan ini ditandai dengan:Arca Jaka Tarub pandanarum 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *