Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Pembuatan Kue

Author

Tim Penggerak PKK Desa Pondok dan beberapa purna pekerja migran Indonesia (PMI) mengikuti pelatihan pembuatan kue kering di Balai Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, pada Selasa 27 Oktober 2020. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan yang pernah diselenggarakan sebelumnya yaitu pelatihan pembuatan kue basah. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari tiga pedukuhan di Desa Pondok.

Pelatihan kue kering Desa Pondok
Pelatihan kue kering Desa Pondok

Kegiatan diawali dengan pengenalan materi mengenai langkah cara pembuatan kue yang benar,bahan-bahan dan takaran yang tepat serta alat-alat yang digunakan dalam pembuatan kue. Dilanjutkan dengan pengenalan alat dan bahan-bahan pembuatan kue.

Menurut Suharto selaku Kepala Desa Pondok, pelatihan ini bertujuan untuk pemberdayaan dan meningkatkan kapasitas kaum perempuan. “Pelatihan ini untuk pemberdayaan perempuan sehingga ibu-ibu di Desa Pondok harapannya bisa turut meningkatkan kesejahteraan. Apalagi setelah mengikuti pelatihan ini ada yang bisa membuka usaha,” kata Suharto.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari LPP Mandiri. Pelatihan kue kering dimulai pukul 09:00 sampai dengan 12:00 WIB. Dalam pelatihan ini, peserta dibagi ke dalam tiga kelompok dan masing-masing memperagakan pembuatan empat jenis kue kering.

“Kami sangat senang dengan pelatihan ini karena dapat menambah wawasan dan kami berharap ke depan kami bisa menciptakan usaha sendiri,” kata Darwati salah seorang peserta dari Dukuh Kajang.

Lebih jauh, Tim Penggerak PKK Desa Pondok berencana akan menyelenggarakan lomba kue kering antar dukuh di Desa Pondok. “Ke depan Kita merencanakan untuk mengadakan lomba pembuatan kue antar dukuh,“ kata Binti anggota Tim Penggerak PKK Desa Pondok.

Tulisan ini ditandai dengan:desa pondok 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *