TIPS CEGAH COVID-19

Author

Ditulis oleh: Wardatul Hasanah

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan jenis virus yang dapat menyerang manusia dan hewan. Covid-19 sendiri merupakan sebuah virus jenis baru yang pertama kali muncul dan ditemukan di daerah Wuhan, Provinsi Hubei, China pada tahun 2019.

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru atau yang disebut dengan istilah novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Perlu kita ketahui bahwa penyakit ini adalah termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS). 

Covid-19 dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa, lansia, remaja, anak-anak, bahkan balita dan bayi juga dapat terserang virus tersebut. Untuk itu, perlu adanya upaya dari setiap orang untuk mengenali gejala Covid-19, sehingga setiap dari kita diharapkan mampu meminimalisir penyebarannya. 

Gejala Covid-19

Selain dapat melindungi diri sendiri, kita diharapkan bersedia mengajak orang lain supaya saling melindungi dengan karantina mandiri.  

Beberapa gejala Covid-19 pada umumnya pasien mengalami demam 38°C, pilek, batuk berdahak bahkan sampai berdarh, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri dada, dan kesulitan bernapas (gejala yang paling parah).

Ketika kita telah melakukan perjalanan/bepergian dan 14 hari setelahnya mengalami gejala-gejala tersebut, diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan. Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh kita, sebab deteksi dini dapat menekan angka penularan sebuah penyakit atau virus. 

Catatan yang paling penting, meskipun kita tidak mengalami gejala yang signifikan, tetapi upaya untuk mencegah penyebaran virus juga sangat perlu dilakukan. Menjaga kesehatan adalah kewajiban kita. 

Pencegahan Covid-19

Setelah kita mengetahui gejala Covid-19, maka diharapkan segera melakukan upaya pencegahan (preventif) sebagai berikut: 

Pertama, rajin mencuci tangan. Sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet, setelah memegang binatang, setelah bepergian, setelah beraktifitas, jangan lupa untuk cuci tangan. Jika sebelumnya hal ini adalah sepele untuk dikerjakan, maka tanamkan mulai sekarang, bahwa memulai dari hal kecil akan membawa dampak besar bagi kita.

Kedua, mempertahankan pola hidup sehat. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan cara memperhatikan asupan makanan (makan teratur, memilih makanan yang bergizi dan seimbang, tidak memakan makanan cepat saji, tidak banyak konsumsi makanan berminyak). Selain itu kita juga harus memperhatikan pola istirahat. Tubuh yang memiliki istirahat cukup, maka akan memiliki daya imun tinggi, beristirahatlah 7-8 jam sehari. Kita juga perlu hindari pola hidup yang merugikan banyak orang, misalnya merokok. Asap rokok berbahaya bagi paru-paru. Terlebih lagi, paru-paru sangat mudah terinfeksi oleh virus jika kita tidak mau merawatnya. Selanjutnya, posisikan pola pikir kita untuk selalu berpikir positif. Karena emosional akal dan hati mampu berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh manusia. 

Ketiga, menjaga kebersihan lingkungan. Virus bersarang di manapun, di tempat umum, sekolah, rumah, dan setiap sudut yang dapat dijangkaunya. Kita terkadang tidak menyadari betapa mudah sebuah virus menempatkan dirinya. Maka, mulai saat ini, bijaklah dalam beraktifitas. Kebersihan lingkungan harus kita jaga. 

Keempat, mengurangi aktivitas di keramaian. Beraktifitas secara wajar, hal-hal yang tidak perlu dilakukan sebaiknya dihindari. Budaya nongkrong misalnya. Untuk sementara, “social distancing” memang penting. Bukankah mencegah suatu keburukan lebih baik dari pada mengobati? 

Kelima, senantiasa beristighfar dan berdoa kepada Allah SWT, agar kita semua diberikan perlindungan. Sekali lagi, ‘COVID-19 dapat dikalahkan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh’. Dalam situasi yang seperti saat ini, kita seharusnya tidak cemas/khawatir secara berlebihan. Karena, ketika seorang manusia mengalami masa ‘cemas’, maka adrenalin dalam tubuh akan meningkat, dan ini dapat menimbulkan daya tahan tubuh menurun secara perlahan dan mudah terserang virus. Semoga kita semua diberikan perlindungan. Semoga yang saat ini berjuang melawan virus tersebut, segera disehatkan. Semoga bumi segera kembali dalam keadaan stabil dan aman. Jaga kesehatan, jangan lupa cuci tangan, dan pakailah masker.

 

ilustrasi: freepik

 

Tulisan ini ditandai dengan:covid19 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *