Mari Mengenal PayPal Sebagai Media Mengirimkan Uang

Author

PayPal, perusahaan yang berasal dari Amerika ini merupakan perusahaan yang berfungsi sebagai media pembayaran online. PayPal bisa digunakan secara internasional dengan berintegrasi dengan sistem Visa dan Mastercard yang logonya bisa kita jumpai dalam kartu ATM, kartu debit ataupun kartu kredit.

Kali ini saya akan membahas manfaat PayPal yang bisa kita gunakan sebagai pengganti Bank yang aman. Aman dari godaan belanja yang kebanyakan menggunakan uang tunai. Mudahnya lagi, website PayPal kini sudah ada dalam Bahasa Indonesia. Cara mengakses PayPal dalam Bahasa Indonesia ini cukuplah mudah. Tinggal mengakses website PayPal di alamat web http://paypal.co.id , lalu turunkan halaman web sampai kebagian paling bawah. Lihat disisi kanan, kita akan menjumpai tulisan ‘Bahasa Indonesia’. Klik pada tulisan tersebut, dalam beberapa saat website PayPal akan langsung berganti ke Bahasa Indonesia.

Mendaftar.

Hal yang perlu kita lakukan sebelum menggunakan PayPal adalah mendaftar sebagai pengguna  dengan meng-klik tombol ‘Daftar Sekarang’ pada halaman utama. Setelah masuk, kita memilih negara sebagai negara tempat kita bekerja / negara asal kita mengirim uang (Contoh : Malaysia). Setelah itu, kita di haruskan untuk mengisi data seperti alamat email, tanggal lahir, alamat rumah (sesuai dengan KTP/Paspor/ rekening bank) dan nomor telefon.

Cara mengaktifkan. 

Jangan lupa untuk membuka email Anda untuk mengkonfirmasi email yang digunakan. Setelah itu kita bisa mengaktifkannya dengan memasukan uang dengan jumlah minimal 1$ Amerika atau sebesar 2 Rinngit (untuk Malaysia). Cara mengaktifkannya cukup mudah, dengan mengintegrasikan kartu ATM kita yang akan digunakan untuk mengirim uang. Cukup dengan memasukan nomor kartu ATM yang tertera pada kartu, berikut dengan kode pengaman 3 digit terakhir yang tertera pada bagian belakang kartu.

Atau, dengan cara mengintegrasikan rekening bank yang sudah dapat menerima PayPal secara online. Untuk hal ini harus mengaktivasikan fitur Online Banking terlebih dahulu, atau menanyakan kepada pihak bank, apakah dapat mengirim uang langsung ke PayPal atau tidak.

Transfer dan Penarikan Uang

Untuk mentransfer uang, kita tidak dikenakan biaya selagi menggunakan saldo yang sudah ada di PayPal. Jadi sebelum mentransfer uang, pastikan kita sudah mengisi akun PayPal kita. Anda juga dapat melakukan penarikan dari rekening PayPal ke rekening bank Anda. Ke rekening bank setempat: Gratis untuk Rp1.500.000 IDR atau lebih dan dikenakan biaya Rp16.000 IDR untuk penarikan kurang dari Rp1.499.999 IDR. Ke rekening bank Amerika: gratis. Untuk penarikan uang ke bank lokal memerlukan waktu 2-4 hari.

Bagaimana cara kerja PayPal?

  • Masukkan alamat email penerima, yakni pengenal uniknya (seperti nomor rekening bank) ke sistem PayPal.
  • Masukkan jumlah yang diinginkan, lalu pilih mata uang.
  • Pilih jenis pembayaran – baik ‘Pembelian online’ atau ‘Pembayaran pribadi’.
  • Klik ‘Lanjut’ – Anda akan diminta log in ke rekening untuk mengkonfirmasikan transfer.
  • PayPal akan memberitahukan bahwa uang telah diterima kepada penerima melalui email.

Tips :

  1. Satu alamat email hanya dapat mendaftar satu akun PayPal dengan satu negara saja. Jadi apabila terjadi kesalahan dalam mengisikan data negara, harus membuat dengan email yang baru.
  2. Daftarkan juga salah satu anggota keluarga kita untuk mengirim uang ke Indonesia. Pastikan alamat yang diisi dengan alamat yang digunakan ketika membuat rekening bank tersebut sama. Jadi ketika kita mengirim uang, kita tidak repot mengajarkan lagi. Dan bisa langsung men-transfernya juga ke rekening keluarga kita, tanpa susah payah mereka membuat akun PayPal baru atau malas menggunakan PayPal ini.

Apabila membaca ini memang terlihat rumit, tapi akan terasa lebih mudah bila kita mencobanya sendiri. Bila saudara BMI masih mengalami kesulitan dalam menggunakan PayPal, saya dapat membantu dengan menghubungi saya di twitter @audry_eclat atau email audrey_eclat@yahoo.com . Semoga dapat membantu. 🙂

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *