Rieke Desak Pemerintah Bongkar Perdagangan Manusia ke Arab Saudi

Author

Kasus perdagangan orang harus dikawal hingga korban mendapatkan hak-haknya.
Kasus perdagangan orang harus dikawal hingga korban mendapatkan hak-haknya.

Anggota Timwas TKI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mendesak pemerintah (Presiden Jokowi dan lembaga/Kementerian terkait) untuk serius membongkar indikasi perdagangan orang berkedok pengiriman TKI ke Arab Saudi. Berikut rilis media yang dikeluarkan Rieke Diah Pitaloka:

Disaaat Pemerintah Jokowi berjuang memberantas pungli dan juga memperbaiki sistem Perlindungan terhadap TKI, para oknum “perdagangan manusia berkedok TKI”, tanpa jera tetap beroperasi. Salah satunya ke Saudi.

Saat ini secara hukum pengiriman TKI sektor domestik dinyatakan dihentikan sejak tanggal 4 Mei 2015. Namun demikian pengiriman TKI di sektor domestik tetap berjalan dengan dalih bekerja sebagai “cleaning service”. Artinya pengiriman tersebut dapat diduga merupakan pelanggaran terhadap hukum.

Salah satunya adalah pengaduan yang mulai masuk sejak bulan Oktober 2016 terkait pengiriman lewat jalur ilegal atas nama perusahaan Team Time Co (TTCo) yang berpusat di Jeddah. Koordinasi tim kami di Saudi dengan KJRI Jeddah terus dilakukan untuk melakukan penelusuran dan penyelidikan. Diperoleh angka yang mengejutkan. Saya menilainya sebagai indikasi kuat perdagangan manusia terhadap tidak kurang dari 1.141.

Pada tanggal 25 Februari 2016 diterbitkan visa dari Jakarta untuk 690 orang. Pada tanggal 2 Mei 2016 dikeluarkan visa utk 999 orang, seluruhnya untuk cleaning service (berdasarkan penelusuran sementara, visa yang diajukan sebanyak 1.689 orang oleh pihak TTCo ke Kedutaan Saudi di Jakarta)

Info sementara hingga saat ini para TKI tersebut tidak bekerja, mereka berada di penampungan milik TTCo di daerah Obhur, kota Jeddah. Menurut informasi dari jaringan di Saudi, pada tanggal 26 Januari 2016 pihak KJRI telah melakukan “penggerebekan” bekerjasama dengan kepolisian setempat. Saat ini KJRI sedang menunggu pembebasan 46 TKI yang ditahan untuk dimintai keterangan.

Rekomendasi politik:

1. Mendukung Pemerintah Pusat Republik Indonesia untuk memberikan dukungan penuh terhadap KJRI Jeddah untuk

BONGKAR indikasi PERDAGANGAN MANUSIA BERKEDOK PENGIRIMAN TKI yang dilakukan TTCo,

SELAMATKAN, LINDUNGI TKI korban indikasi perdagangan manusia, KEMBALIKAN ke keluarganya di Indonesia dengan selamat.

2. Mendukung Pemerintah Pusat Republik Indonesia untuk melakukan langkah politik bekerjasama dengan Pemerintah Saudi membongkar indikasi keterlibatan oknum di Jakarta yang terindikasi mengeluarkan visa ilegal

3. Mendukung Pemerintah Pusat Republik Indonesia untuk membongkar indikasi perdagangan manusia berkedok pengiriman TKI, mencabut Ijin PPTKIS yang terlibat dan memberi sanksi pidana, termasuk jika ada oknum pejabat yang terlibat di lini manapun. Rasanya tidak mungkin ada pengiriman TKI jalur ilegal ke luar negeri sebanyak itu, jika tidak ada oknum di lembaga terkait yang terlibat.

Saya mendukung penuh Presiden Jokowi melakukan langkah-langkah memberantas pungli dan mafia perdagangan TKI!

#Save1.141TKIdiSaudi

Jakarta, 29 Januari 2017

Rieke Diah Pitaloka

Timwas TKI DPR RI FPDI-P

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.