+62274 372378 | redaksi[at]buruhmigran.or.id | Twitter: @infoburuhmigran

PUSAT SUMBER DAYA BURUH MIGRAN Rujukan Informasi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) – Saling Belajar, Berbagi, dan Melindungi

Panduan Keselamatan untuk Pejalan Kaki di Hong Kong

Terlihat Seorang BMI Berjalan Bersama Nenek yang Dijaga Saat Lampu Jalan Merah di Hong Kong
Terlihat Seorang BMI Berjalan Bersama Nenek yang Dijaga Saat Lampu Jalan Merah di Hong Kong

Hong Kong merupakan negara yang banyak memberlakukan peraturan-peraturan bagi warga yang tinggal di sana. Siapapun yang melanggar dan sekecil apapun pelanggaran, akan tetap mendapat sanksi. Misal jika kita membeli tiket MTR dewasa tetapi yang kita dapatkan dari mesin adalah tiket untuk anak-anak dan tetap menggunakannya, kita akan terkena denda HKD500. Padahal ini bukan karena disengaja, tapi tetap saja dikenai sanksi.

Begitu halnya dalam menyeberang jalan, bagi pejalan kaki harusnya lebih hati-hati dan memahami peraturan yang ada. Ada banyak orang yang seringkali menyeberang saat lampu jalan berwarna merah, padahal hal ini tidak diperbolehkan karena termasuk melanggar peraturan dan membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Tak dipungkiri banyak juga teman-teman BMI yang sering mengantar dan menjemput nenek dan anak asuhnya melanggar aturan tersebut.

Jangan sampai karena keteledoran diri atau alasan terburu-buru malah merugikan diri sendiri dan orang lain. Apabila terjadi sesuatu kita juga yang menanggung akibatnya. Maka patuhilah peraturan yang ada karena jika melanggar menyeberang jalan saat lampu merah akan dikenai sanksi denda HKD1500. Gunakan fasilitas yang ada seperti jembatan penyeberangan, penyeberangan zebra cross, terowongan atau penyeberangan lampu merah lalu lintas. Jika tidak ada fasilitas penyeberangan yang memadai, ikutilah kode penyeberangan jalan misalnya :

  1. Berdiri di atas trotoar dipinggir jalan.
  2. Lihat sekeliling untuk lalu lintas dan dengar apakah ada kendaraan yang lewat di dekat kita.
  3. Bila tidak ada kendaraan, jalan lurus ke depan melintasi jalan.
  4. Lihat dan dengar terus akan adanya kendaraan ketika ketika sedang menyeberangi jalan.

Jika perlu menyeberang jalan dan ada zebra cross terdekat, gunakanlah, meskipun mungkin harus berjalan lebih jauh untuk melakukannya. Tunggulah sampai lalu lintas dari kedua arah telah berhenti dan mulai menyeberang. Berjalan diseberang garis-garis hitam dan putih, melihat keluar untuk kendaraan yang mungkin menyalip mereka yang telah berhenti di persimpangan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with * symbol

Name *
Email *
Website *
Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>