Awas Denda, Jangan Salah Beli Tiket MTR atau KCR

Author

Kartu Octopus yang Bisa Digunakan untuk Naik MTR
Kartu Octopus yang Bisa Digunakan untuk Naik MTR

Kawan-kawan buruh migran yang sudah beberapa waktu tinggal di Hong Kong tentu tahu tentang Mass Transit Railway (MTR), transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong. Banyak orang memilih transportasi publik ini karena kenyamanan dan ketepatan waktunya. Menaiki MTR, kita memerlukan tiket yang bisa dibeli di monitor dalam MTR atau isi ulang kartu octopus sesuai kebutuhan kita. Pengisian ulang kartu octopus ini juga mudah didapat, diantaranya di gerai makanan cepat saji dan minimarket.

Belajar dari kejadian yang dialami seorang kawan, ada hal kecil dalam pembelian tiket MTR yang kerap kita abaikan, padahal hal kecil tersebut penting untuk kita ketahui. Dalam membeli tiket MTR sekali jalan kita perlu waspada, karena banyak orang salah memilih menu atau bahkan tidak tahu bagaimana memilih menut tiket. Misalnya kesalahan membeli tiket anak-anak yang seharusnya digunakan untuk orang dewasa akan dikenai denda sebesar HK$500.

Kerap kali orang tak menyadari kesalahan pembelian tiket dan baru sadar ketika melewati pintu masuk dan tiket akan terdeteksi. Di sini petugas akan mengetahui kesalahan kita. Petugas akan membawa kita ke sebuah ruangan untuk diwawancara dan dimintai HK ID. Apabila memiliki uang HK$500 untuk membayar, maka hari itu juga masalah selesai. Jika kita tidak memiliki uang maka akan diberi waktu dua minggu untuk membayar denda tersebut. Petugas kemudian akan mencacat nama, nomor HK ID dan mengirim surat ke alamat rumah majikan di mana kita bekerja.

Begitu juga jika kita naik Kowloon Conton Railway (KCR) yang memiliki dua jenis gerbong, yakni gerbong ekonomi dan first class. Gerbong ekonomi didesain tidak senyaman gerbong first class karena harganya pun berbeda. Gerbong first class memiliki fasilitas yang nyaman, tempat duduk empuk dan pendingin ruangan. Perlu diperhatikan untuk menaiki KCR jangan sampai salah masuk gerbong, misalnya membeli tiket ekonomi, tetapi ketika naik masuk gerbong first class. Di sengaja atau tidak, jika kita masuk ke dalam gerbong first class dengan tiket ekonomi akan terkena denda HK$500.

Bagi buruh migran yang ingin menjajal naik KCR first class diwajibkan membayar dari tiket yang biasa. Saat membeli tiket, di layar monitor ada berbagai menu pilihan, kita langsung pilih saja first class kalau menginginkannya. Jika kita menggunakan octopus, maka kita wajib membayar ulang di tempat yang sudah disediakan di depan pintu first class dengan menyentuhkan kartu octopus. Jangan sampai niat hemat malah jadi membayar berlipat-lipat.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *