Panduan

Pembuatan ID Hong Kong Bagi PRTA Baru Gratis

Author

KTP Wajib Dimiliki, Bagi Mereka yang Tinggal di Hong Kong dalam Jangka Waktu Lama
KTP Wajib Dimiliki, Bagi Mereka yang Tinggal di Hong Kong dalam Jangka Waktu Lama

Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) Hong Kong sering mendapat beberapa pertanyaan mengenai diwajibkannya buruh migran baru untuk membayar ID KTP Hong Kong. Beberapa pertanyaan itu antara lain :

•    Apakah BMI yang pertama kali masuk Hong Kong diwajibkan membayar pembuatan ID/KTP baru?
•    Pengambilan ID di Imigrasi, PRTA di wajibkan membayar?
•    Kenapa kok adik saya yang baru masuk di Hong Kong, pada potongan gaji pertama dimintai uang $400 oleh agennya, katanya untuk pembayaran bikin KTP Hong Kong?
•    Tiga bulan bekerja di Hong Kong, dan si agen selalu menelpon temanku untuk membayar uang $400 yang mana uang tersebut untuk membayar pembuatan KTP/ID Hong Kong
•    Bahkan ada pula yang di ancam oleh agennya, jika tidak mau  membayar uang tersebut maka, KTP/ID HK, akan di kirim ke PJTKI yang ada di Indonesia. Memang apa urusanya lagi dengan PJTKI perihal ini ?

PRTA baru dipaksa untuk membayar uang $400-$600 untuk membuat ID Hong Kong. Umumnya pembuatan KTP/ID ketika pertama kali datang ke Hong Kong gratis, kecuali kalau kita sudah pernah punya KTP dan KTP tersebut hilang atau rusak. Imigrasi Hong Kong akan mengenakan biaya sebesar  $380 atau kurang dari $400, untuk memperbarui ID tersebut.

Jika ada agen yang masih meminta uang dengan dalih untuk membayar pembuatan KTP/ID—khususnya yang baru datang ke Hong Kong—jangan mau membayar. Tolak agen karena semua sudah ada prosedur aturan pembuatan KTP/ID di Imigrasi Hong Kong. Berikut ini adalah tautan/link Imigrasi Hong Kong yang menyatakan bahwa untuk membuat ID baru, gratis di Imigrasi Hong Kong. Kawan-kawan buruh migran bisa membuka tautan tersebut dan kemudian mempelajarinya. Jika kawan-kawan sudah paham isinya, bisa berbagi pada kawan-kawan lain jika dipaksa agen untuk membayar ID baru Hong Kong.

One response to “Pembuatan ID Hong Kong Bagi PRTA Baru Gratis

  1. sy ingin buta ktp hongkong agar dfapat bekerja dihongkong atau mendapat ijin tinggal dihongkong jika bisa hub sy 085215976337

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *