* BeritaHeadlinePanduan

Mengenal Kontak Pengaduan untuk Buruh Migran Taiwan

Author

Ilustrasi Migrasi TKI
Ilustrasi Migrasi TKI

Mari mengenal kontak pengaduan untuk Buruh migran Indonesia (BMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Taiwan. Kasus-kasus seperti gaji tidak dibayar, kerja tak sesuai perjanjian, pemotongan gaji yang tidak selayaknya oleh agensi atau majikan, upah lembur tak dibayar, dipulangkan tiba-tiba oleh majikan, pelecehan seksual, perbudakan dan penyiksaan rentan menimpa buruh migran.

Redaksi buruh migran mencatat ada tiga jalur pengaduan yang bisa digunakan BMI/TKI Taiwan untuk melaporkan kasus-kasus yang dialaminya yakni lewat call center 1955 milik Departemen Tenaga Kerja Taiwan, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) yang diurus pemerintah Indonesia, serta organisasi-organisasi buruh migran dan Non Goverment Organisation (NGO/LSM).

Council of Labour Affair (CLA) atau Departemen Tenaga Kerja Taiwan telah mengoperasikan pusat layanan pengaduan 24 jam untuk pekerja asing. Call center ini dimanfaatkan oleh sebagian besar pekerja migran yang tersebar di Taiwan terkait pengaduan kasus ataupun sekadar konsultasi. Pengaduan telepon bebas biaya oleh CLA ini terdiri dari empat bahasa yakni Inggris, Thailand, Indonesia, dan Vietnam.

Pengaduan oleh CLA di nomor 1955 ini menetapkan proses penanganan kasus atau pun pengaduan dalam waktu 90 hari. Namun realita di lapangan, menurut Atin Safitri dari Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI-Taiwan), penanganan kasus juga tergantung jenis kasus yang dialami oleh buruh migran sendiri.

Selain pengaduan lewat nomor 1955 yang kemudian diteruskan pada Departemen Tenaga Kerja Taiwan, KDEI juga membuka pengaduan bagi buruh migran yang bermasalah. Jika buruh migran mendapati masalah yang menimpa dirinya atau sesama buruh migran lain dapat dilaporan kepada KDEI Taipei di nomor telepon (886-2) 8752-6170 atau nomor Fax (882-2) 8752-3706 atau pengaduan online di website KDEI-Taipei dengan menyampaikan nama, nomor paspor, nama agensi, PPTKIS, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Bisa juga dengan mendatangi langsung KDEI di alamat 6F, No.550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipe, Taiwan 114.

Jika kawan-kawan buruh migran sungkan melaporkan kasusnya pada KDEI atau call center pengaduan 1955, kawan-kawan buruh migran bisa melapor pada organisasi-organisasi buruh migran yang bisa ditemui di Taiwan. Mereka akan dengan senang hati mendampingi dan membantu buruh migran berkasus. Ada organisasi seperti Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI-Taiwan) dan Ikatan Pekerja Migran Taiwan (IPIT) yang didirkan oleh para buruh migran dan biasa mengadvokasi buruh migran. Kontak ATKI-Taiwan bisa menghubungi Atin Safitri di +886983814468/ 0973213624.

17 responses to “Mengenal Kontak Pengaduan untuk Buruh Migran Taiwan

  1. Mba Atin sodara saya udah 2 minggu dia melapor tpi belum ada kabar dari dia mau plng ke indo kapan.dia masih di tahan di daerah toyin.dia tki kaburan gara gara dapat perlakuan kasar.tolng bantuanya

  2. saya kerja d pabrik. jam kerja saya seharusnya sampai jam 5 tp saya sering pulang kerja jam 5 lebih kadang sampai jam 6 dan tidak di bayar. apakah ini bisa d bilang over time .. trus sudah 2 bulan ini gaji saya di potong .. apakah saya boleh mengadu dan minta pindah pabrik??

    1. Mba atin saya sedang menghadapi masalah sama ejen yg mempersulit dan menelantarkan proses pindah majikan.
      Di mohon bantuanya

  3. Mba atin.istri sy kabur ,baru aja 6 hari. Bisa nyariin gak sampai ketemu gk. Tolong minta bantuannya. Kalau ketemu langsung dideportasi aja

  4. Mba atin, suami saya udah bayar denda 20.000 NT, udah 2 bln di penampungan Imigrasi Nantou, dan sekarang malah di pindahkan ke lapas, karna kasus pemalsuan dokumen.. mohon bantuannya untuk suami saya supaya bisa cpt pulang ke indonesia, terimaksih

  5. Mbak Atin apa kbr? mba saya sudah minta pindah majikan sama agen tp agen selalu bilang bertahan aja dulu,trs saya bilang lgi kalo ga bisa pindah saya mau pulang aja,tp masi sama aja
    saya minta pulang soalnya potongan bank udah lunas
    mohon saranya saya harus gimana?mks

  6. Banyak ABK (anak buah kapal) Ibdonesia yang direkrut Agency Taiwan diputus kontrak secara sepihak, dipulangkan dan tidak diberi gaji. Mohon informasi bagaimana cara mengyrusnya. Terimakasih.

  7. kenapa pajak saya tahun 2016 tidak keluar,apakah ini kesalahan ejensi atau gimana ?
    masalahnya sampe sekarang pajak saya belum juga keluar

  8. Admin mohon bantuanya…
    Pada tahun 2007 saya bekerja sbg tkw kaburan di taiwan sampai di deportasi thn 2011.
    Dan saya skrg ingin bekerja ke hongkong,tp masalahnya pd pembuatan paspor.saya lupa dg data dan no.paspor lama.
    Dri imigrasi saya hanya di bekali splp….
    Sedangkan data splp pda kolom tempat lahir tdk sama dg dokumen saya …..
    Di sana tercatat nama kabupaten bukan nama desa sepeerti pd dokumen kk,ktp,akte saya.
    Saya harus gmn admin…….??

  9. mba mo tanya ,sodara saya kan kerja di taiwan job tu di pabrik sama jaga ama .pabriknya tertulis di job pembungkusan selai kacang ,pas datang pabriknya pembuatan selai, minyak wijen kecap asin
    ,beres kerja mlm terus,kalau bres pabrik terus beres2 rumah,mandiin ama, dia ga betah
    jaga sodara saya dia may lapel 1955 tapi baru 1bln bisa gak trimakasih

  10. Sy sdh di Taiwan hampir 8bln, sy pingin ijin libur tp ky nya dipersulit….. Sprti tdk boleh, sy jg btuh istrht sehari aj…. Krn tempat sy itu jauh dr mna2, sy cba konsultasi ke 1955 tp sangat sulit masuk, sdh bilang ke egen malah sy dipojokkan….. Sy tdk krasan, pingin pindah majikan jg gk di respon, keluhan sy ke kntor egen gk ada respon sama sekali…. Mohon bantuannya, sy tdk ingin smpek jd TKW kaburan krn hal ini.

  11. tolong bantu saya cari pabrik, saya sekarang masih cari pabrik dan saya cari pabrik sendiri karena agen tidak begitu merespon dan sampsi sekarang belum dapat pabrik baru,tolong saya cari pavrik baru didaerah taichung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.