Panduan

Kenali Negara Tujuan Anda

Author

Beberapa negara menjadi tujuan favorit TKI karena posisinya yang dekat dan bahasanya yang serumpun dengan bahasa Indonesia. Contohnya adalah Malaysia dan Brunei Darussalam. Ada pula yang memilih negara yang paling mudah pengurusan prosedur masuknya. Malaysia masih salah satu di dalamnya. Sementara untuk gaji besar, Hong Kong kerap jadi incaran.

Negara dan wilayah yang banyak dituju TKI yaitu Singapura, Hong Kong, Malaysia, Taiwan, Koreas Selatan, Macau, Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah.

Ketika sedang memilih negara tujuan ataupun telah bersiap berangkat, ada baiknya CTKI mengetahui kondisi negara tersebut.

Hal-hal dasar yang perlu dipelajari antara lain bahasa mayoritas yang dipakai, agama mayoritas, mata uang, iklim, serta sektor pekerjaan yang dominan di negara tersebut.

Bahasa perlu diketahui tentu saja karena sangat penting untuk komunikasi dengan majikan. Sementara pemahaman pada agama mayoritas akan memudahkan TKI menyesuaikan diri dengan kebiasaan beragama di negara tujuan yang mungkin asing di Indonesia, terutama negara-negara yang bukan dominan Islam.

Mengenal iklim negara tujuan juga berguna. Bila TKI tidak siap berada di negara empat musim, lebih baik ia mempertimbangkan berangkat ke negara tropis saja.

Hal lain yang perlu diketahui adalah budaya setempat, kebiasaan-kebiasaan kecil tapi penting, kondisi kerja di sana, sistem kontrak kerja yang diatur pemerintah setempat, dan nama-nama organisasi peduli TKi di negara tersebut. Dengan persiapan matang, bekerja pun jadi lebih tenang.

Tulisan ini ditandai dengan: Negara Tujuan TKI Pramigrasi TKI 

Satu komentar untuk “Kenali Negara Tujuan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.