berangkat dari keprihatinan pengelola mahnetik terhadap rendahnya buruh migran dan keluarganya yang mengakses informasi ke rumah mahnetik maka pengelola mahnetik berinisiatif untuk melakukan mobile mahnetik.dari pernyataan hasil monitoring manajemen melalui wawancara yang dilakukan dengan anggota cbo terkait alasan kurangnya anggota cbo yang mengakses, dan manajemen menemukan jawabannya bahwa mendengar nama komputer saja orang2 didesa bingung palagi mengoperasikannya dan ada lagi keraguan takut barangnya rusak. tapi syukurlah berkat adanya mobail mahnetik yang dilakukan oleh ctc_larantuka ke wilayah program,masyarakat yang semulanya awam akhirnya dapat memahami juga manfaat dari mahnetik untuk buruh migran dan keluarganya didaerah asal. menurut pendapat mas rado selaku pengelola mahnetik ctc_larantuka,ada beberapa peran penting dari mahnetik untuk buruh migran dan keluarganya di daerah asal yakni1. untuk penguatan kapasitas.2. penguasan informasi dan. 3. infomobilisasi. ketiga hal ini yang menjadi dasar untuk menjalin komunikasi yang terputus antara buruh migran dan keluarganya sehingga tidak terjadi disharmonisasi dalam keluarga.pada saat melakukan kunjungan pengelola mahnetik tidak hanya memperkenalkan mahnetik semata tapi juga melakukan pelatihan komputer bagi masyarakat yang mau mengakses. sungguh menakjubkan….tidak disangka ternyata tidak hanya anggota CBO saja yang mengikuti pelatihan tersebut tapi anak2 dan aparat desa tergabung didalamnya. menurut peserta peltihan,mobile yang dilakukan ini sangat membantu masyarakat desa yang tidak akses ke kota. belum lagi kesibukan mereka sebagai petani dan juga biaya transportasi juga mahal. harapannya mobile ini dapat berlanjut dengan melakukan kunjungan rutin ke wilayah-wilayah kepulauan. mobile mahnetik dan pelatihan komputer serta internet ini ditutup dengan pemutaran film dokumenter karya rumah mahnetik ctc-larantuka.