Berita

Buruh Migran Butuh Sukarelawan Pakar

Author

Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) membutuhkan dukungan sukarelawan pakar. Para sukarelawan pakar berfungsi sebagai tim ahli yang memberikan pendapat, gagasan, analisis, dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para buruh migran. Kepakaran sukarelawan tidak dipandang dari latar belakang akademis, tapi pengetahuan dan kemampuannya dalam urusan buruh migran.

Apa jenis pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh PSD-BM? Ada pengetahuan dan kemampuan umum, ada juga yang khusus. Kemampuan umum bisa berupa pengalaman bermigrasi, keterampilan komunikasi, pengetahuan hukum dan budaya negara tujuan buruh migran, advokasi, serta kemampuan berorganisasi dan pengorganisasian masyarakat. Kemampuan khusus bisa berupa ketrampilan kuliner, komputer, internet, bahasa, kerajinan, pemasaran, jurnalistik, hukum, dan lain-lain.

Seluruh biodata sukarelawan pakar akan diterbitkan dalam portal buruh migran sehingga buruh migran bisa mengajukan pertanyaan atau berdiskusi dengan mereka secara langsung. Bagi sukarelawan yang membutuhkan moderator, PSD-BM menyiapkan tenaga khusus untuk mengatur kontak antara sukarelawan dan buruh migran.

PSD-BM tidak memberikan dukungan komersial pada sukarelawan. Sebagai bentuk penghargaan atas komitmen sukarelawan dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan, PSD-BM akan melaporkan kemajuan kerja setiap sukarelawan dengan apresasi sosial, misalnya memberikan piagam penghargaan, rekomendasi, dan mengundang mereka dalam pertemuan-pertemuan buruh migran.

Pendaftaran sukarelawan pakar gelombang I dibuka dari 7 September-10 Oktober 2010. Siapapun yang berminat menjadi sukarelawan pakar bisa berkorespondensi melalui surat elektronik ke redaksi[at]buruhmigran.or.id atau kontak seluler ke narahubung PSD-BM 081226993732 (Yossy Suparyo). Mari saling belajar, berbagi, dan melindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.