Berita

Asean Foundation Dukung Pengembangan Ekonomi Mikro Buruh Migran

Author

Pelatihan Asean Foundation di Kantor Telkom Malang

Asean Foundation mendukung pengembangan ekonomi usaha kecil (mikro) lewat pelatihan keterampilan komputer. Jenis keterampilan yang diberikan mendukung para wiraswastawan usaha kecil bisa mengembangkan usahanya dengan cara manajemen modern. Paket aplikasi yang diajarkan adalah pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi.

Menurut, Ajie Akhmad Wahidin, Program Officer Asean Fundation, keterampilan komputer harus dikuasai oleh para buruh migran agar mereka bisa mengembangkan usaha-usaha alternatif secara cermat. Keterampilan ini juga mendorong pelakunya untuk mempelajari pengetahuan-pengetahuan lainnya secara aktif.

“Keterampilan komputer kan hanya pendukung. Aplikasi presentasi mendukung keterampilan dan pengetahuan humas atau public relation. Aplikasi spreadsheet mengharuskan penggunanya mempelajari ilmu akuntansi,” jelas Ajie.

Peserta tengah berdiskusi

Untuk dukungan buruh migran Asean Foundation bekerjasama dengan Yayasan TIFA Jakarta dan Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnettik. Seluruh kegiatan pelatihan komputer untuk buruh migran dilakukan di Kantor Dinas Telekomunikasi (Telkom) Sukabumi dan Malang. Secara nasional, Telkom membuka fasilitas ruang pelatihan komputer lembaganya untuk dimanfaatkan oleh warga secara gratisan. Warga cukup mengajukan permohonan penggunakan ruang pada kepala dinas setempat, selanjutnya dinas akan mengatur jadwalnya.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.