+62274 372378 | redaksi[at]buruhmigran.or.id | Twitter: @infoburuhmigran

PUSAT SUMBER DAYA BURUH MIGRAN Rujukan Informasi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) – Saling Belajar, Berbagi, dan Melindungi

Partnership

[kembali ke arsip]

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI)

Visit the Official Site

Serikat Buruh Migran Indonesia atau SBMI adalah organisasi masyarakat sipil berbasis serikat dengan anggota buruh migran dan keluarganya. SBMI didirikan pada tanggal 25 Februari 2003. SBMI mulai terlibat dan berkolaborasi dengan jejaring PSDBM pada 2013 melalui Gerakan Akses Informasi BMI dan pada 2014 melalui kegiatan penyusunan dan penerapan modul kelola informasi buruh migran di kelas-kelas belajar SBMI di beberapa daerah seperti Banyuwangi, Indramayu, Wonosobo, Jakarta, Karawang, dll.

Selain terlibat dalam kerja kolektif pengelolaan informasi di www.buruhmigran.or.id , jejaring pegiat SBMI di berbagai daerah juga menjadi salah satu rujukan terkait pendampingan atau penanganan kasus BMI yang masuk melalui Tim Redaksi PSDBM. SBMI selaku koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Legislasi Revisi UU 39/2004 di Jaringan Buruh Migran (JBM), turut melibatkan PSDBM dalam proses pendokumentasian, tata kelola data, informasi, dan media untuk mengawal proses Revisi UU 39/2004.