+62274 372378 | redaksi[at]buruhmigran.or.id | Twitter: @infoburuhmigran

PUSAT SUMBER DAYA BURUH MIGRAN Rujukan Informasi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) – Saling Belajar, Berbagi, dan Melindungi

Partnership

[kembali ke arsip]

Paguyuban Peduli Buruh Migran dan Perempuan Seruni Banyumas

Visit the Official Site

Paguyuban Peduli Buruh Migran dan Perempunan “Seruni”, merupakan organisasi masyarakat yang beranggotakan mantan  dan keluarga TKI. Seruni didirikan pada tanggal 8 Juni 2008. Seruni  memiliki pengalaman dalam pengorganisasian komunitas, pendampingan penanganan permasalahan buruh migran dan keluarganya, penyebaran informasi tentang migrasi aman, serta berpartisipasi dalam advokasi kebijakan untuk Perlindungan Buruh Migran di Banyumas.

Paguyuban Seruni sebagai salah satu pengelola Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnettik turut terlibat dalam pembentukan jaringan kerja PSDBM pada 2010. Pada tahun 2013 Paguyuban Seruni bersama Komunitas Pena Desa juga terlibat dalam Gerakan Akses Informasi BMI. Pada 2015 upaya Paguyuban Seruni dalam memperjuangkan hak atas akses informasi bagi BMI dan keluarganya mulai diakomodir dalam Peraturan Daerah No.02/2015 Tentang Perlindungan TKI Kabupaten Banyumas.

Selanjutnya Paguyuban Seruni bersama Infest Yogyakarta dan Komunitas Pena Desa, mulai mempertemukan antar aktor terkait isu perlindungan BMI di Banyumas, dari SKPD di tingkat Kabupaten (Dinsosnakertrans dan Dinhubkominfo), Pemerintah Kecamatan, hingga Pemerintah Desa dan Komunitas BMI agar terhubung dalam hal pertukaran dan distribusi informasi. Gagasan yang selanjutnya disebut sebagai Saluran Informasi Buruh Migran ini selanjutnya mengerucut pada beberapa kegiatan berikut:

  1. Pembentukan Tim Layanan Informasi TKI di tingkat desa yang terdiri dari pegiat komunitas BMI, kader desa, dan perwakilan perangkat desa.
  2. Forum diskusi dan kelas belajar “Sekolah Desa”.
  3. Perbaikan penyediaan informasi TKI di Web Dinsosnakertrans.
  4. Pelatihan dan fasilitasi kelola web dan email desa oleh Dinhubkominfo.
  5. Pelatihan pewartaan warga dan optimalisasi media komunitas untuk distribusi informasi migrasi ketenagakerjaan.