Komunitas Serantau Bagikan Sembako pada Pekerja Migran di Malaysia

Author

Pekerja Migran Indonesia Terdampak PKP di Malaysia Menerima Bantuan dari Komunitas Serantau
Pekerja Migran Indonesia Terdampak PKP di Malaysia Menerima Bantuan dari Komunitas Serantau

Komunitas Serantau membagikan paket sembako pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkena dampak dari kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau lockdown pemerintah Malaysia akibat Covid-19. PKP dilakukan pemerintah Malaysia sejak 18 Maret hingga 14 April 2020. Dampak dari PKP ini dirasakan oleh PMI di berbagai sektor pekerjaan, terutama pekerja harian lepas.

Merespon keluhan PMI, Komunitas Serantau membantu teman-teman PMI yang menghadapi kesulitan bahan makanan dengan menyalurkan paket sembako. Suherman, Ketua Komunitas Serantau mengatakan bahwa Serantau telah enam kali membagikan paket sembako pada PMI. Sejak Maret, Serantau yang bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat telah menyalurkan sembako ke beberapa tempat di Malaysia.

“Paket sembako dibagikan di beberapa tempat, yakni Kuala Ampang, Bandar Sunway, Puchong, Klang, Selayang, Shah Alam, Bandar Sri Damansara dan Kepong. Meski tak seberapa, mudah-mudahakan paket sembako ini dapat membantu meringankan,” ujar Suherman.

Paket sembako yang dibagikan berisi beras, roti, telur, susu, sarden dan minyak. Dalam proses pembagian paket sembako ini terdapat tantangan dalam distribusi karena adanya penjagaan ketat oleh pihak keamanan Malaysia di jalan-jalan.

Sejak adanya PKP ini, Serantau telah menerima aduan dari PMI yang kekurangan bahan makanan. Namun, karena keterbatasan paket sembako yang berhasil didapat, Komunitas Serantau meminta maaf belum bisa memenuhi semua permintaan teman-teman pekerja migran.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *