+62274 372378 | redaksi[at]buruhmigran.or.id | Twitter: @infoburuhmigran

PUSAT SUMBER DAYA BURUH MIGRAN Rujukan Informasi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) – Saling Belajar, Berbagi, dan Melindungi

Alur Pembuatan Papsor WNI di KJRI Johor Bahru

Himbauan Mengenai Pembuan Paspor di KJRI Johor Bahru
Himbauan Mengenai Pembuan Paspor di KJRI Johor Bahru

Sebelum akhir tahun 2014, pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru masih menggunakan sistem lokal. Proses pembuatan paspor bisa dilakukan dalam satu hari karena hanya dilakukan pengambilan foto tanpa ada proses pengambilan sidik jari dan biometrik. Data paspor juga tidak secara online dikirim ke Pusat Data Keimigrasian (PUSDAKIM). Sejak akhir tahun 2014, KJRI Johor Bahru secara resmi menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam pembuatan paspor. Dalam proses pembuatan paspor dilakukan pengambilan identitas pemohon berupa sidik jari dan biometrik yang selanjutnya akan dikirim ke PUSDAKIM untuk dilakukan identifikasi. Alur proses pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru sebagai berikut ini :

Hari Pertama

1. Pengambilan nomor antrian

2. Pemeriksaan berkas pemohon, verifikasi, wawancara serta input data

3. Pengambilan foto, sidik jari dan biometrik

4. Pembayaran biaya paspor

Hari Kedua

1. Pengambilan paspor dengan catatan identitas pemohon tidak terdapat perubahan nama/tanggal lahir sehingga tidak mengakibatkan duplikasi.

Biaya tarif pembuatan paspor di KJRI Johor Bahru merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 45 tahun 2014 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Kemenkumham dan SK Kepala Perwakilan RI di Kuala lumpur No.086/SK-DB/07/2015 Tentang Penetapan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Pelayanan Keimigrasian Pada Perwakilan RI se wilayah Malaysia sebesar RM102 tanpa ada pungutan biaya tambahan apapun.

KJRI Johor Bahru mengimbau pada pekerja migran Indonesia untuk tidak membuat paspor atau dokumen keimigrasian lainnya melalui pihak ketiga/orang tengah/calo yang meminta bayaran melebihi ketentuan sebagaimana tersebut di atas. Apabila terdapat oknum petugas di KJRI Johor Bahru yang meminta/memungut biaya di luar ketentuan di atas dapat membuat pengaduan pada pimpinan di KJRI Johor Bahru. Informasi mengenai ini dapat ditanyakan pada petugas kounter pelayanan dan staf di KJRI Johor Bahru.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with * symbol

Name *
Email *
Website *
Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>