* Berita* Info Negara TujuanHeadline

Sekolah Indonesia di Arab Saudi untuk Anak-Anak Buruh Migran

Author

Upacara Bendera di Sekolah Indonesia. Sumber foto : Kemlu.go.id
Upacara Bendera di Sekolah Indonesia. Sumber foto : Kemlu.go.id

Pemerintah Indonesia sudah memiliki beberapa sekolah di Saudi Arabia. Sayangnya menurut Kuasa Usaha Add Interim KBRI Riyadh, Sunarko, sekolah-sekolah tersebut belum semua memiliki fasilitas sekolah yang memadai. Di kota Jeddah, ada Sekolah Indonesia Jeddah, di kota Riyadh ada Sekolah Indonesia Riyadh yang diutamakan untuk anak-anak buruh migran.

Saat ini murid sekolah milik Pemerintah Indonesia tersebut sekitar 800-900 anak. Selain kegiatan belajar mengajar di ruang kelas, anak-anak di Sekolah Indonesia diajarkan ekstrakurikuler seperti musik tradisional Indonesia dan kegiatan ekstrakurikuler lain. Anak-anak buruh migran dapat bersekolah di Sekolah Indonesia selama orang tua anak berasal dari Indonesia.

Beberapa opini menyebutkan jika biaya SPP di Sekolah Indonesia membebani wali murid. Dharmakirti Syailendra Putra, Konjen KJRI Jeddah mengungkapkan jika wali murid yang kurang mampu bisa mengajukan keringanan dan pembebasan biaya SPP pada KJRI Jeddah. KJRI akan memenuhi dengan ketentuan yang berlaku pada wali murid yang mengajukan keringanan atau pembebasan SPP.

Dharmakiriti berkata jika pembebeasan SPP saat ini belum bisa dilakukan secara menyeluruh karena masih ada guru dan karyawan berstatus honorer dan biaya operasional sekolah masih dari SPP.

“Dalam hal ini Pemerintah Kemdikbud ( Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) hanya membayar gaji guru perbantuan dari Jakarta dan guru lokal. KJRI terus mengupayakan pembebasan SPP, mudah-mudahan tahun depan dapat terealisir, “ujar Dharmakiriti lewat rilis yang diterima LiputanBMI.

Terkait dengan gedung untuk sekolah, Dharmakiriti mengatakan sudah menemukan kembali calon gedung untuk Sekolah Indonesia Jeddah dan sedang menunggu persetujuan dari Idarah Talim dan selanjutnya disampaikan ke pemerintah pusat Jakarta.

Sumber : Portal Sindonews dan LiputanBMI

One response to “Sekolah Indonesia di Arab Saudi untuk Anak-Anak Buruh Migran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.